nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hadiri Sidang Laporan Tahunan, Jokowi Puji Kerja Cepat MA

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 01 Maret 2018 13:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 01 337 1866435 hadiri-sidang-laporan-tahunan-jokowi-puji-kerja-cepat-ma-9OZR3c9EXH.jpeg Presiden Jokowi (Foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kinerja Mahkamah Agung (MA) yang terus meningkat dalam melayani masyarakat dari waktu ke waktu. Menurut Jokowi, MA semakin cepat dalam memutus sebuah perkara.

Percepatan kinerja itu lantaran berhasil melakukan pembaharuan teknis dan manajemen perkara. Selain itu, lembaga yang dipimpin Hatta Ali ini telah mendapat laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Sebagaimana yang tadi disampaikan Bapak Ketua MA merupakan capaian, merupakan prestasi yang berkontribusi besar untuk percepatan pembangunan nasional," kata Jokowi saat menghadiri sidang pleno istimewa laporan tahunan MA di JCC Kemayoran, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Kepala Negara menjelaskan, penyelenggaraan peradilan merupakan bagian penting dalam sebuah negara berdemokrasi. Peradilan, sambungnya, merupakan satu kekuataan bangsa dalam berbagai lompatan yang membawa kemajuan Indonesia.

"Peradilan adalah pilar utama agar negara kita bergerak cepat menuju negara maju, yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Selain kerja keras dalam pelaksanaan dan perumusan program-program pembangunan," ujarnya.

(Baca Juga: Gelar Peleno Laporan Tahunan 2017, Ketua MA Ajak Generasi Milenial Sadar Hukum)

"Fondasi utama yang bisa mengantarkan kita sebagai negara maju adalah sistem dan proses hukum yang kredibel dan benar-benar dipercaya, yang menghadirkan kepastian hukum, dan menghadirkan penegakan hukum yang memberikan keadilan, dan rasa keadilan masyarakat," tambah Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berterimah kasih atas upaya MA menciptakan peradilan yang transparan, profesional, dan terpercaya. Jokowi memuji MA setinggi langit atas penerbitan sejumlah Peraturan MA yang menjadikan lembaga yudikatif ini semakin modren, dan memiliki quality control perkara.

"Pencanangan beberapa sistem berbasis elektronik, dan penyempurnaan standarisasi klasifikasi perkara, serta terobosan-terobosan positif lain yang dilakukan MA," tandasnya.

 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini