Ponari Zaman Now, dari Youtube hingga 'Mobile Legends'

Inews, · Rabu 28 Februari 2018 09:32 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 28 337 1865775 ponari-zaman-now-dari-youtube-hingga-mobile-legends-3rpL5cwaDb.jpg Si dukun cilik Ponari kini sudah beranjak dewasa. (Foto: iNews.id)

JAKARTA – Masih ingat dengan Ponari? Sembilan tahun lalu, bocah asal Jombang, Jawa Timur, ini pernah menjadi sosok fenomenal lantaran "batu ajaib" yang dipunyainya. Gara-gara batu itu pula, dia ditahbiskan oleh banyak orang sebagai dukun cilik yang dianggap bisa menyembuhkan bermacam penyakit. Ribuan orang bahkan rela mengantre dan berdesak-desakan demi mendapat "tuah" dari batu tersebut.

Sejumlah kalangan pun memandang fenomena “batu ajaib” Ponari ketika itu sebagai potret masih terkungkungnya sebagian masyarakat di negeri ini oleh logika mistika. Terlepas dari hal itu, mungkin ada yang bertanya-tanya bagaimana kabar Ponari saat ini? Apakah bocah itu masih sibuk melayani tamu yang datang ke rumahnya untuk berobat?

Dukun cilik yang kini telah menjelma menjadi sosok remaja berbadan tegap itu bercerita banyak mengenai kehidupan yang dijalani sekarang. Menurut dia, sampai saat ini rumahnya masih saja dikunjungi “pasien”, namun jumlahnya tidak sebanyak dulu lagi.

“Sekarang yang datang (berobat) ke rumah itu rata-rata cuma satu atau dua orang per hari. Kebanyakan mereka mengeluhkan sakit stroke,” ujar Ponari kepada iNews.id, Selasa 27 Februari 2018 malam.

Remaja berusia 18 tahun tersebut melanjutkan, cara yang digunakannya dalam membantu mengobati pasien masih sama dengan dulu, yaitu mencelupkan “batu ajaib” miliknya ke air. Selanjutnya, air yang sudah dicelup batu itu diminum oleh si pasien.

Ponari menyatakan tidak pernah menetapkan tarif tertentu atas jasa pengobatannya itu. “Kalau dikasih (uang) seikhlasnya saja,” ucapnya.

Selain melayani “pasien”, waktu sehari-hari Ponari kini lebih banyak dihabiskan untuk berlatih silat dan mengendarai sepeda motor kesayangannya. Di samping itu, waktu senggangnya juga diisi dengan bermain game populer 'Mobile Legends'.

“Kalau malam, anak saya enggak bisa tidur. Dia tidurnya jam 4 pagi dan baru bangun sekitar jam 12 siang. Tiap hari begitu, enggak tahu juga kenapa,” tutur Mukaromah, ibunda Ponari, yang ikut mendampingi anaknya ke Jakarta.

Akibat tidak bisa tidur, Ponari kadang menghabiskan waktu malamnya dengan menonton Youtube dan membuka akun Instagram. “Di Youtube, saya nonton macam-macam. Biasanya berita. Kadang juga dengerin musik,” ungkapnya.

Bicara soal musik, Ponari mengaku menggemari lagu-lagu dari Slank dan Iwan Fals. Salah satu tembang karya Slank yang menjadi favoritnya adalah 'Mawar Merah'. Saat ditanya rencana yang hendak diwujudkan ke depan, Ponari menjawab ingin kuliah di Kota Malang.

Selain itu, ia ingin memberangkatkan orangtuanya ke Tanah Suci untuk beribadah haji. “Pengin bapak/ibu naik haji. Saya juga pengin sekali naik haji, biar nanti bisa jadi kiai,” tuturnya.

Mau tahu lebih banyak lagi tentang Ponari si dukun cilik yang sekarang telah beranjak dewasa? Saksikan selengkapnya dalam program iNtermezzo di iNews TV, Rabu 28 Februari pukul 11.00–12.00 WIB.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini