Polri Akan Buru 1 Orang Anggota "The Family MCA" di Korsel

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 27 Februari 2018 14:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 27 337 1865404 polri-akan-buru-1-orang-anggota-the-family-mca-di-korsel-TNLDjbwxhp.jpg Karopenmas Mabes Polri M Iqbal (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Brigjen Mohammad Iqbal menyebut bahwa pelaku ujaran kebencian Muslim Cyber Army (MCA) yang tergabung dalam grup Whatsapp dengan nama The Family MCA tidak hanya tersebar di Indonesia.

Iqbal mengungkapkan bahwa saat ini, jajarannya tengah "memburu" satu orang di Korea Selatan (Korsel) yang diduga meruapakan salah satu kelompok dari The Family MCA. Namun, Iqbal merahasiakan identitas sosok tersebut, untuk kepentingan penyidikan.

"Tim sudah bergerak juga melakukan pengembangan. Ada satu tersangka yang sudah kita kejar, tidak di Indonesia. tim sudah bergerak untuk itu. Benar (di Korsel dugaannya, salah satunya)," papar Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (27/2/2018).

Iqbal melanjutkan, dalam perkembangannya terakhir, polisi berhasil menangkap lima orang yang diduga kuat tergabung dalam kelompok penyebar ujaran kebencian itu. Kelima pelaku itu, yakni, ML (40), RSD (35), RS (39),Yus (23) dan RC di Palu.

"Paling terakhir yang diduga sebagai pelaku sudah diambil oleh tim untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," tutur Iqbal.

Menurut Iqbal, pengungkapan kelompok dan penangkapan anggota grup ini, merupakan salah satu upaya untuk menciptakan kondisi masyarakat yang kondusif saat menjelang tahun politik saat ini.

Hingga saat ini, kata Iqbal, jajaran kepolisian masih melakukan pengembangan dan penyidikan dalam kasus ini. Untuk rincian detailnya, Iqbal menyebut akan disampaikan esok hari dalam pers rilis yang digelar oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

"Ini semua adalah upaya harkamtibmas agar keamanan dan ketertiban masyarakat di republik ini stabil apalagi menjelang tahun politik, kami akan mengejar siapapun yang ada di belakang ini," ucap Iqbal.

Penangkapan kelompok The Family MCA dilakukan secara serentak di lima kota mulai dari Jakarta, Bandung, Bali, Pangkal Pinang dan Palu. Tersangka yang ditangkap berjumlah 5 orang yaitu ML (40), RSD (35), RS (39),Yus (23) dan RC di Palu.

Selain ujaran kebencian, sindikat ini ditenggarai juga mengirimkan virus kepada kelompok atau orang yang dianggap musuh. Virus ini biasanya merusak perangkat elektronik penerima.

(muf)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini