nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG: Waspada, Cuaca Ekstrem Landa Indonesia 3 Hari ke Depan!

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Jum'at 23 Februari 2018 23:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 23 337 1864034 bmkg-waspada-cuaca-ekstrem-landa-indonesia-3-hari-ke-depan-ECkz1nuJoP.jpg Ilustrasi.

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, sejumlah wilayah Indonesia akan diterjang cuaca ekstrem selama tiga hari ke depan.

Kepala Bidang Humas BMKG Harry Djatmiko mengatakan, penyebab cuaca ekstrem tersebut dikarenakan kondisi atmosfer yang sangat labil di wilayah Indonesia.

"Dalam beberapa hari terakhir dipicu oleh kondisi atmosfer yang sangat labil di wilayah Indonesia, kondisi ini dipicu oleh beragam fenomena, dari adanya pola angin baratan yang cukup kuat dan didukung adanya pola daerah pertemuan angin (konvergensi) hingga dipicu oleh skala atmosfer skala lokal maupun skala yang lebih luas di sekitar lokasi bencana, serta kondisi uap air dan kelembaban udara yang cukup tinggi," katanya melalui keteranga tertulis yang diterima Okezone, Jumat (23/2/2018).

Harry mengungkapkan, dalam beberapa hari ke depan, akan ada peningkatan suplai uap airĀ  yang relatif tinggi di wilayah Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

"Dalam beberapa hari ke depan suplai uap air sebagai pendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera, Jawa dan Kalimantan relatif tinggi. Diprakirakan potensi hujan masih terus meningkat dalam 3 (tiga) hari ke depan khususnya di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua," tuturnya.

(Baca juga: BNPB Paparkan Kronologi Longsor di Brebes)

"Besarnya pengaruh lokal dan tingginya pemanasan mengakibatkan periode saat ini hingga akhir Februari nanti memicu peningkatan intensitas hujan lebat yang memungkinkan disertai kilat/petir dan angin kencang. Secara umum, masyarakat dihimbau agar tetap," lanjutnya.

Terakhir. Harry mengingatkan bahwa potensi banjir, longsor hingga angin puting beliung.

"Waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat, terutama di daerah rawan genangan, banjir, banjir bandang, dan longsor, waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang roboh, tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat petir, wapada kenaikan tinggi gelombang, waspada hujan lebat disertai angin kencang yang berbahaya bagi kapal berukuran kecil," tutupnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini