nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal TGPF Novel, Wiranto: Percayakan Saja ke Penegak Hukum!

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 20 Februari 2018 19:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 20 337 1862276 soal-tgpf-novel-wiranto-percayakan-saja-ke-penegak-hukum-Djqz2D46gu.jpg Menko Polhukam Wiranto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menilai, pemerintah belum perlu membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) dalam mengusut kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan.

Ia meminta masyarakat agar mempercayai kasus yang menimpa penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu kepada Polri. Pasalnya, Korps Bhayangkara tengah mengusut kasus yang telah berlangsung selama 10 bulan tersebut.

"‎Ya percayakan saja kepada aparat penegak hukum yang sekarang masih mengusut. Kalau belum ketemu ya tanyakan. Kalau sampai belum ada hasilnya ya tanyakan lagi, belum lagi tanyakan lagi, karena prosesnya ada," kata Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (20/2/2018).

(Baca Juga: Jokowi Desak Pelaku Teror Novel Baswedan Ditangkap, Polri Ngaku Alami Kendala)

Menurut dia, pembentukan TGPF telah dilakukan sejak 17 tahun yang lalu ‎bila terdapat kasus yang tidak dapat dituntaskan. Padahal, kata Wiranto, seharusnya pembentukan TGPF harus memiliki dasar hukum yang jelas.

Mantan Panglima ABRI ini menambahkan, bila penegak hukum menjalankan tugas dan perannya secara profesional maka pemerintah tidak perlu membentuk TGPF.

"‎Tapi yang terpenting saat ini sebenarnya yang kita harapkan, kita mengharapkan bahwa masyarakat juga percaya kepada pemerintah, aparat penegak hukum, dan aparat betul-betul menjalankan langkah-langkah profesional untuk menyelesaikan semua masalah hukum. Kalau ini terjadi seperti itu, sebetulnya tidak perlu ada TGPF," jelasnya.

(Baca Juga: Novel Baswedan Segera Pulang, Anies: Semua Keluarga Senang)

Wiranto berharap, aparat penegak hukum harus menjalankan tugasnya secara profesional guna memberikan rasa keadilan dan ketentraman di masyarakat. Sehingga, publik pun akan percaya kepada penegak hukum.

 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini