nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Belum Tahu soal Bukti Korupsi Fahri Hamzah yang Dikatakan Nazaruddin

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Selasa 20 Februari 2018 16:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 20 337 1862146 kpk-belum-tahu-soal-bukti-korupsi-fahri-hamzah-yang-dikatakan-nazaruddin-izyzX84BN3.jpg Juru Bicara KPK Febri Diansyah

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempersilahkan Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M. Nazaruddin melaporkan adanya dugaan korupsi yang menyeret nama Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah.

"Saya belum tau ya tentang itu‎ (laporan Nazaruddin), apakah ada atau tidak ada, kalau memang ada informasi-informasi terkait dengan penyelenggara negara silakan disampaikan saja," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (20/2/2018).

Menurut Febri, sebenarnya bukan hanya Nazaruddin yang dapat melaporkan adanya dugaan korupsi yang melibatkan penyelenggara negara, tetapi publik juga bisa. Namun, laporan tersebut harus juga dilengkapi bukti pendukung.

"Jika ada bukti pendukung itu juga bisa disampaikan, ketika informasi itu diterima ‎KPK, maka tentu KPK akan menelaah terlebih dahulu," pungkasnya.

Fahri Hamzah sendiri sudah membantah adanya kepemilikan bukti yang dikantongi oleh Nazaruddin. Menurut Fahri, selama dirinya menjadi pimpinan Komisi III DPR, tidak pernah ada proyek yang diurusi, terlebih, yang bersinggungan dengan Nazaruddin.

"Saya tahu Nazar cara bekerjanya. Karena itu, saya enggak mau dekat dengan dia dari awal. Saya tidak pernah urus uang keuangan sama dia. Apalagi tuduhan dia, yang sebenarnya belum jelas," kata Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat.

(Baca Juga: Dituding Korupsi oleh Nazaruddin, Fahri Hamzah: Kalau Mau Perang Ayo!)

‎Sebelumnya, terpidana kasus korupsi pembangunan Wisma Atlet dan Gedung Serbaguna, Palembang, Nazaruddin tiba-tiba menyebut nama Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah usai bersaksi dalam sidang perkara dugaan korupsi proyek e-KTP, untuk terdakwa Setya Novanto (Setnov).

Nazar, sapaan akrab Nazaruddin, secara tiba-tiba mengklaim memiliki sejumlah berkas terkait keterlibatan Fahri Hamzah dalam sebuah kasus dugaan korupsi ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saya akan menyerahkan segera berkas ke KPK, tentang korupsi oleh Fahri Hamzah, waktu dia menjadi wakil komisi 3," kata Nazar di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin, 19 Februari 2018, kemarin.

Menurut Nazar, dia memiliki kecukupan alat bukti keterlibatan Fahri dalam sebuah kasus korupsi yang nantinya akan diserahkan ke lembaga antirasuah‎. Nazar berpandangan bukti itu cukup untuk KPK menetapkan Fahri sebagai tersangka.

"Saya akan buktikan kalau memang dia bersih yang saya itu kan, insya allah bukti yang saya serahkan ini cukup untuk menjadikan Fahri jadi tersangka," terangnya.

Sayangnya, Nazar masih enggan membeberkan kasus dugaan korupsi apa yang menyeret nama Fahri Hamzah. Intinya, kata Nazar, Fahri Hamzah terlibat dugaan korupsi saat menjabat Wakil Ketua Komisi III DPR.

"Nanti saya akan serahkan ke KPK datanya dengan jelas, posisi dia wakil ketua komisi 3, dimana saya menyerahkan uangnya, dimana dan berapa angkanya dia menerima, yang beberapa kali," ujarnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini