Share

Mantan Auditor BPK Rochmadi Saptogiri Dituntut 15 Tahun Penjara

Arie Dwi Satrio, Okezone · Senin 12 Februari 2018 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 12 337 1858476 mantan-auditor-bpk-rochmadi-saptogiri-dituntut-15-tahun-penjara-Zr8bDO1vJ3.jpg Rochmadi Saptogiri. Foto Antara

JAKARTA - Mantan Auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Rochmadi Saptogiri dituntut 15 tahun penjara oleh Jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), serta diwajibkan membayar denda sebesar Rp300 subsider enam bulan kurungan.

"Kami penuntut umum ‎menjatuhkan pidana berupa penjara selama 15 tahun, dan denda 300 juta subsider 6 bulan kurungan," ujar Jaksa Haeruddin di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2018).

Jaksa Haeruddin mengatakan, terdapat sejumlah pertimbangan ‎dalam tuntutan yang dilayangkan untuk terdakwa. Adapun hal-hal yang memberatkan Rochmadi, yakni karena tidak mendukung upaya pemerintah yang sedang gencar memberantas korupsi.

Kemudian, Rochmadi juga menyalahgunakan kewajibannya, memanfaatkan bawahannya untuk menerima uang korupsi. Rochmadi juga menyalahgunakan jabatannya sebagai penanggung jawab pemeriksa keuangan, serta tidak menyesali dan tidak mengakui perbuatannya.

"Sementara yang meringankan, terdakwa s‎opan, dan mengaku belum pernah dihukum‎," imbuhnya.

BACA: Terungkap Kode 'Ijo Royo-Royo' di Kasus Suap Pemulusan WTP Kemendes

BACA: Istilah 'Filosofi Audit Firaun' Muncul di Persidangan Suap Predikat WTP Kemendes PDTT

Rochmadi dituntut empat pasal sekaligus. Pasal suap, gratifikasi, dan dua pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Untuk suap, Rochmadi diduga menerima sebesar Rp240 juta dari pejabat Kemendes PDTT.

Uang tersebut dimaksudkan untuk memuluskan pemberian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan Kemendes PDTT tahun anggaran 2016.

Terkait gratifikasi, Rochmadi disebut terbukti menerima gratifikasi sebesar Rp1,7 miliar. Dan terakhir, Rochmadi dijerat TPPU karena dinilai terbukti melakukan penyamaran terhadap sejumlah aset.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini