nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Status KLB Campak Dicabut, Komisi IX DPR: Mudah-Mudahan Kondisi Sudah Membaik

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 06 Februari 2018 11:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 06 337 1855337 komisi-ix-dpr-tak-masalah-status-klb-campak-dicabut-bupati-asmat-GkGVPqJqBD.jpg TNI Sedang melakukan penanganan medis di pedalaman Asmat, Papua. (Foto: Antara)

JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago, tidak masalah bila status kejadian luar biasa (KLB) campak dicabut oleh Bupati Asmat, Elisa Kambu. Menurut Irma, pasca-dicabutnya status KLB, pemerintah daerah harus mempersiapkan perawatan lanjutan untuk masyarakat yang terdampak.

"Menurut laporan di atas (surat pencabutan KLB Campak oleh Bupati Asmat) kan sudah tidak ada kasus baru, sehingga prosesnya tinggal perawatan lanjutan saja," ujarnya saat dikonfirmasi Okezone, Selasa (6/2/2018).

Legislator dari Fraksi Nasdem itu berujar, berdasarkan peraturan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), status KLB bisa dicabut jika sudah tidak ada lagi penyebaran penyakit atau pertambahan jumlah pasien akibat dari wabah tersebut.

"Mudah-mudahan kondisi sudah membaik dan tinggal pendampingan saja," kata Irma.

(Baca Juga: KLB Asmat Jangan Dipolitisir untuk Kepentingan Politik)

Dia menambahkan, pemerintah perlu segera mempercepat pembangunan infrastruktur di wilayah Asmat, Papua, pascakejadian KLB yang memakan korban puluhan jiwa. Tujuannya agar penyaluran logistik, bantuan pendidikan dan kesehatan dapat lebih mudah sampai.

"Jadi bisa dipantau secara periodik oleh Pemda setempat," katanya.

(Baca Juga: Tawarkan Pendekatan Terpadu, Mensos Kaji Usulan Relokasi Penduduk Asmat)

Sebelumnya diketahui, Bupati Asmat Elisa Kambu resmi mencabut status Kejadian Luar Biasa (KLB) campak di wilayahnya. Surat pencabutan status tersebut dikeluarkan pada 5 Februari 2018 berdasarkan laporan perkembangan situasi KLB dari pihak dinas kesehatan setempat, tertanggal 4 Februari 2018 dan berdasarkanPermenkes 1501 Tahun 2010 tentang jenis penyakit menular tertentu yang dapat menimbulkan wabah dan upaya penanggulangannya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini