nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengajuan Bebas Bersyarat Nazaruddin, Ditjen PAS: Berkasnya Sedang Diverifikasi

Achmad Fardiansyah , Okezone · Sabtu 03 Februari 2018 08:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 03 337 1854157 pengajuan-bebas-bersyarat-nazaruddin-ditjen-pas-berkasnya-sedang-diverifikasi-AIwFI3Y0bJ.jpg Muhammad Nazaruddin. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah melakukan pemeriksaan serta verifikasi berkas atas usulan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin yang mengajukan bebas bersyarat terhadap Muhammad Nazaruddin. Bahkan, Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) sudah melaksanakan sidang terkait pengajuan ini.

"Pihak Ditjen PAS sedang memeriksa dan memverifikasi berkas dan sudah disidang Tim Pemeriksa Pekerjaan (TPP) kan 30 Januari 2018," kata Kepala Bagian Humas Ditjen PAS Kemenkumham Adek Kusmanto kepada Okezone, Sabtu (3/2/2018).

Ia menuturkan, setelah melakukan pemeriksaan dan verifikasi berkas, pihaknya juga segera meminta rekomendasi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas usulan bebas untuk mantan bendahara umum Partai Demokrat tersebut.

"Selanjutnya akan meminta rekomendasi kepada KPK (PP 99/12 Pasal 36 A Ayat 1) bahwa asilmilasi diberikan menteri setelah mendapat pertimbangan Dirjen PAS. Dirjen PAS wajib meminta rekomendasi kepada instansi gakkum kepolisian, Jaksa Agung, dan/atau KPK," tuturnya.

https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 02 337 1853730 nazaruddin-dapat-usulan-bebas-bersyarat-dari-lapas-sukamiskin-iV5Ed0cirT.jpg

(Baca: Nazaruddin Dapat Usulan Bebas Bersyarat dari Lapas Sukamiskin)

Jika sudah mengantongi persetujuan asimilasi, maka hal itu akan dijadikan dasar hukum atas usulan pembebasan bersyarat terhadap M Nazaruddin.

"Dirjen PAS akan menyampaikan pertimbangan pemberian asimilasi kepada menteri berdasarkan rekomendasi TPP pusat dan rekomendasi instansi terkait untuk mendapat persetujuan. Jika disetujui akan dijadikan dasar untuk pemberian program pembebasan bersyarat M Nazaruddin," ungkapnya.

"Yang dimaksud pembebasan bersyarat, asimilasi, adalah proses pembinaan warga binaan yang telah memenuhi persyaratan tertentu dengan membaurkan warga binaan ke dalam kehidupan masyarakat. Tentunya semuanya melalui rekomedasi KPK dan rekomendasi Tim Pengamat Pemasyarakatan Pusat. Apabila berhasil, maka dilanjutkan dengan program pembebasan bersyarat dari tahun 2020," tutupnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini