Share

Insiden 'Kartu Kuning', Istana: Presiden Jokowi Tidak Tersinggung

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 02 Februari 2018 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 02 337 1853715 insiden-kartu-kuning-istana-presiden-jokowi-tidak-tersinggung-AFspYugnU4.jpg Juru Bicara Presiden, Johan Budi SP. (Foto: Antara)

JAKARTA – Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Sapta Prabowo memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ‎sama sekali tidak tersinggung atas pemberian hadiah berupa kartu kuning yang diduga dilakukan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) 2018 Zaadit Taqwa‎.

Ia menuturkan, sebenarnya Kepala Negara telah dijadwalkan menerima pengurus BEM UI tersebut selepas menghadiri acara Dies Natalis ke-68 UI dan Peresmian Forum Kebangsaan UI‎ di Balairung Kampus UI, Kota Depok, Jawa Barat, pagi ini.

"Terhadap aksi ini, Presiden Jokowi biasa saja, tidak tersinggung. Soalnya dari awal memang sudah ada agenda Presiden bertemu BEM UI itu selepas acara. Tapi acara itu batal karena aksi tersebut," jelas Johan Budi saat dikonfirmasi, Jumat (2/2/2018).

‎Mantan jubir Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut menegaskan tidak mengetahui maksud Zaadit memberikan kartu kuning kepada Presiden Jokowi. Namun, terang Johan Budi, kartu kuning itu berasal dari buku paduan suara terbitan kampus yang terkenal dengan almamater berwarna kuning tersebut. ‎

(Baca: Cara Santun Paspampres Hadapi Mahasiswa Pemberi 'Kartu Kuning' ke Jokowi)

https: img.okezone.com content 2018 02 02 337 1853674 cara-santun-paspampres-hadapi-mahasiswa-pemberi-kartu-kuning-ke-jokowi-EZ6JgvmuS5.png

‎"Tapi, tidak tahu tiba-tiba saat acara di dalam ada mahasiswa yang mengacungkan buku berwarna kuning. Dari penjelasan yang ada, itu buku isinya lagu-lagu," jelas Johan Budi.

Sebagaimana diketahui, ‎peristiwa pemberian hadiah 'kartu kuning' tersebut ‎bermula saat Presiden Jokowi baru saja selesai memberikan pidato sambutan di atas podium acara. Kala itu pemuda yang mengenakan batik lengan panjang berwarna merah tersebut tiba-tiba berdiri di tengah tamu yang hadir.

Kemudian ia maju hingga baris depan sambil mengacungkan sebuah buku berwarna kuning kepada Presiden Jokowi di lokasi acara.

Salah seorang mahasiswa UI yang ditemui usai acara membenarkan bahwa pemuda yang diamankan itu merupakan mahasiswa UI.

"‎Iya benar tadi mahasiswa yang diamanin," ungkap mahasiswa yang enggan disebutkan namanya.‎ Ia menduga mahasiswa tersebut merupakan ketua BEM UI 2018 bernama Zaadit Taqwa.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini