Share

Cara Santun Paspampres Hadapi Mahasiswa Pemberi 'Kartu Kuning' ke Jokowi

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 02 Februari 2018 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 02 337 1853674 cara-santun-paspampres-hadapi-mahasiswa-pemberi-kartu-kuning-ke-jokowi-EZ6JgvmuS5.png Seorang mahasiswa memberikan kartu kuning ke Presiden Jokowi.

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat perlakuan kurang bersahabat dari seorang mahasiswa yang diduga adalah Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI. Mahasiswa tersebut meniupkan peluit dan mengacungkan 'kartu kuning' saat Jokowi menghadiri Dies Natalis ke-68 Universitas Indonesia.

Lalu bagaimana sikap  Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dalam mengatasi situasi seperti ini?

Dalam video berdurasi 01.29 detik yang beredar di media sosial, terlihat seorang mahasiswa berbatik merah berdiri di tengah-tengah tamu undangan lain yang hadir. Mahasiswa tersebut terlihat mengambil ancang-ancang melakukan aksinya.

(Baca juga: Mahasiswa Hadiahi Jokowi 'Kartu Kuning' saat Dies Natalis ke-68 UI)

Tak berapa lama, datang seorang anggota Paspampres bersetelan jasnya. Pengawal Presiden Jokowi itu tampak bertanya maksud mahasiswa tersebut berdiri, sambil sesekali berkomunikasi dengan rekannya.



Paspampres itu tak langsung menciduk mahasiswa tersebut, namun terus berusaha 'santun' dengan mengawasi dari dekat. Mahasiswa itu kemudian mengangkat kartu kuningnya dengan tangan kanan. Paspampres itu tampak terlebih dulu berkomunikasi dengan rekannya sebelum akhirnya mengamankan si mahasiswa.

(Baca juga: Pemberi 'Kartu Kuning' ke Jokowi Diduga Merupakan Ketua BEM UI)

Mahasiswa tersebut kemudian didorong hingga berjalan mundur ke arah belakang gedung. Paspampres tersebut kemudian mengambil kartu kuning tersebut dan membawa si mahasiswa untuk diperiksa.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini