Share

Di Acara IVL Koran Sindo, Wali Kota Pekanbaru Beberkan Pembangun Daerahnya

Taufik Fajar, Okezone · Kamis 25 Januari 2018 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 25 337 1850325 di-acara-ivl-koran-sindo-wali-kota-pekanbaru-beberkan-pembangun-daerahnya-hk8DkMEkdm.jpg Wali Kota Pekanbaru Firdaus (foto: Taufik/Okezone)

JAKARTA - Wali Kota Pekanbaru Firdaus menyebut membangun daerahnya dalam dua sisi, pertama masyarakat Madani yang berkualitas, kedua tata kelola kota yang disebut smart city atau kota cerdas. Hal ini disampaikannya terkait acara Indonesia Visionary Leader yang digelar Koran Sindo.

"Berawal dari cita-cita para pendiri bangsa kita dalam membangun bangsa dan negara menuju cita-cita kita merdeka. NKRI dibentuk dengan cita-cita masyarakat adil, makmur, dan sentosa. Bagaimana kita mampu mewujudkan cita-cita tadi, berbangsa dan bernegara agar mendapatkan keadilan, kemakmuran, dan kesejahteraan," ujar Firdaus di Kantor Kantor Sindo, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2018).

Ia menjelaskan, di dalam membangun smart city dan masyarakat madani, ada enam pilar. Pertama pemerintah yang cerdas. Kedua pemerintah harus mampu membangun masyarakat yang cerdas. Agar kerjasama antara pemerintah akan mampu menciptakan pilar ketiga yaitu lingkungan yang cerdas. Dan pilar yang keempat yaitu ekonomi yang cerdas.

"Kemudian kita akan mampu membangun pilar yang kelima yaitu pergerakan barang dan orang yang cerdas. Dan yang terakhir pilar yang keenam adalah bagaimana kita membangun lingkungan, tempat tinggal yang cerdas untuk bisa mencapai kebahagiaan. Ini yang kita lakukan," tuturnya.

(Baca Juga: 12 Kepala Daerah Uji Visi-Misi di Indonesia Visionary Leader Koran Sindo)

Selain itu, lanjut dia, pihaknya sangat berterimakasih dengan MNC group, karena telah menggelar kegiatan ini yang bekerjasama dengan kemendagri. Saya juga merasa senang karena yang menguji kami langsung Pak Dirjen Kemendagri. Saya kira ini suatu hal yang sangat positif, apresiasi saya sekali lagi kepada MNC group," ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa membangun kota Pekanbaru ini ada tiga elemen yang harus saling bersinergi ini disebut 3U, Umaro (Pemerintah), bekerjasama dengan Ulama (Cendekia).

"Dan yang ketiga bekerjasama dengan Umat (Masyarakat itu sendiri). Maka umaro, ulama, umat harus saling bersinergi dalam membangun cita-cita tadi," pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini