nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bertemu Wiranto, FSAB Bahas Potensi Konflik SARA yang Mengancam Indonesia

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 25 Januari 2018 15:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 25 337 1850140 bertemu-wiranto-fsab-bahas-potensi-konflik-sara-yang-mengancam-indonesia-aDtVCKxS8P.jpg Ketua FSAB Suryo Susilo (Harits/Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menerima kunjungan audiensi Forum Silaturahmi Anak Bangsa (FSAB) di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2018).

Ketua Forum Silahturahmi Anak Bangsa, Suryo Susilo mengatakan, dalam pertemuan tertutup dengan Wiranto, pihaknya memberikan masukan kepada pemerintah terhadap situasi yang sangat rawan konflik jelang pilkada dan Pilpres 2019.

“Kami melihat situasi sekarang dalam pilkada dan Pilpres 2019 mendatang, sangat rawan terhadap konflik. Oleh karena itu, kami sebagai organisasi ingin jadi mitra pemerintah dalam menciptakan kerukunan, suasana damai,” ujar Suryo usai bertemu Wiranto.

Suryo mengatakan isu mengenai suku, agama, ras, dan antar-golongan (SARA) berpotensi digunakan lagi dalam pilkada tahun ini, sehingga dikhawatirkan bisa menggiring masyarakat Indonesia dalam konflik dan berpotensi memecah belah bangsa.

“Secara enggak sadar kita kegiring ke sana dan ini membahayakan kesatuan (bangsa) kita,” jelasnya.

FSAB mendukung dibentuknya Dewan Kerukunan Nasional (DKN) yang digagasan Wiranto. Lembaga itu nantinya diharapkan bisa menyelesaikan beragam konfilik.

"Kami berharap ini bisa segera diwujudkan dan Bapak Presiden Jokowi bisa teken Keppresnya. Karena kalau konflik kita biarkan saja ke depannya membahayakan keutuhan negara kita," tukas dia.

 

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini