nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Kunjungi Sri Lanka dan 4 Negara Asia Selatan

ant, · Rabu 24 Januari 2018 10:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 24 337 1849416 jokowi-kunjungi-sri-lanka-dan-4-negara-asia-selatan-8fikIWKzIH.jpeg Presiden Joko Widodo bersama Iriana di Pesawat Kepresidenan (Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana bertolak dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, pagi tadi, menuju sejumlah negara Asia Selatan, yang akan diawali ke Sri Lanka.


Presiden Jokowi dan rombongan yang menumpang Pesawat Kepresidenan RI-1 bertolak dari Lanud TNI AU Halim Perdanakusuma, Rabu (24/1/2018) sekira pukul 09.15 WIB.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan itu antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sementara sejumlah pejabat negara tampak mengantar keberangkatan Presiden Jokowi dan rombongan antara lain Wakil Presiden M Jusuf Kalla, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Mensesneg Pratikno, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kenegaraan dan kunjungan resmi ke lima negara di Asia Selatan yaitu Sri Lanka, India, Pakistan, Bangladesh dan Afghanistan.

Presiden juga akan menghadiri KTT ASEAN-India di New Delhi yang akan membahas tentang sektor kemaritiman dan isu-isu internasional dan kawasan.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyatakan akan tetap melakukan kunjungan ke Afghanistan pada akhir Januari 2018 meskipun kondisi keamanan di negara itu memburuk.

"Ya, rencana ke sana sudah ada," kata Presiden Jokowi di Jakabaring Sport City Palembang beberapa waktu lalu.

Presiden mengatakan adanya keinginan untuk mengetahui kondisi di Kabul dan Afghanistan yang sesungguhnya.

"Nanti, jadi tahu kondisi sebenarnya di Kabul dan Afghanistan seperti apa," kata Jokowi.

Menlu Retno Marsudi menjelaskan Presiden Jokowi akan melaksanakan kunjungan kenegaraan ke Afganistan pada akhir Januari 2018 guna menindaklanjuti permintaan untuk membantu membangun perdamaian di negeri tersebut.

"Untuk Afghanistan itu konteksnya adalah menindaklanjuti permintaan Afghanistan agar Indonesia membantu 'peace building'," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ditemui di halaman Istana Kepresidenan Jakarta beberapa waktu lalu.

Menlu menjelaskan akan ada beberapa pertemuan yang didorong oleh Indonesia dalam upaya membangun perdamaian di Afghanistan.

Indonesia akan memberikan beberapa bantuan seperti pelatihan, pertukaran tokoh ulama serta pendidikan pemberdayaan perempuan.

"Makanya Ibu Negara Afghanistan datang untuk bicara 'women empowerment' untuk 'peace' untuk 'economic empowerment' dan sebagainya," ujar Retno.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga telah membangun masjid di Indonesian Islamic Center (ICC), Kabul. Masjid tersebut bernama As-Salam.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini