Menhan: James Mattis Akan Cabut Larangan Masuk AS bagi Kopassus

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 23 Januari 2018 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 23 337 1849078 menhan-james-mattis-akan-cabut-larangan-masuk-as-bagi-kopassus-tUNvJGg6Nr.jpg Menhan Ryamizard Ryacudu (kanan) bersama Menhan AS Jim Mattis (Sigid/Antara)

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menjamu Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) James Mattis di kantornya. Dalam pertemuan itu, Mattis berjanji berusaha mencabut larangan masuk AS bagi anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Dalam pertemuan dengan James Mattis di Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (23/1/2018), Ryamizard mengatakan ikut membahas soal larangan masuk AS dialami banyak prajurit Kopassus, di samping isu penanggulangan terorisme dan pertahanan.

โ€œKan dulu ada sanksi Kopassus enggak boleh ke situ dan lain-lain, dia akan usahakan mencabut itu,โ€ kata Ryamizard.

Ryamizard mengatakan bahwa kebijakan itu kemungkinan bisa di realisasikan, karena James Mattis, menurutnya, sangat disegani dalam kabinet Presiden Donald Trump.

(Baca juga: Panglima TNI Dilarang Masuk AS)

โ€œMemang Trump keras ya. Tapi, orang yang dipercaya karena dia bijaksana. Di sana dia terkenal orang yang sangat bijaksana. Kita lihat saja nanti,โ€ jelasnya.

Sebagaimana diketahui, anggota Kopassus kerap ditolak masuk ke AS karena adanya tudingan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang diduga dilakukan korps pasukan elite TNI Angkatan Darat tersebut di masa lalu.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini