nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendagri: Bupati Talaud Nonaktif kalau Mau Menemui Saya Silakan Saja

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 10:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 22 337 1848329 mendagri-bupati-talaud-nonaktif-kalau-mau-menemui-saya-silakan-saja-K5ySPYDn1R.jpg Mendagri Tjahjo Kumulo (Harits/Okezone)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mempersilakan Bupati Talaud nonaktif Sri Wahyumi Manalip jika ingin menemuinya, guna mengklarifikasi kasus pemberhentian sementara Manalip lantaran pergi ke luar negeri tanpa izin.

Manalip sendiri diketahui pergi ke Amerika Serikat selama tiga minggu tanpa meminta izin. Kepergiannya itu untuk memenuhi undangan pemerintah AS dalam acara International Visitor Leadership Program.

"Mengingat masih banyak yang mempersoalkan dan Bupati Talaud juga akan menemui saya silahkan saja," kata Tjahjo kepada wartawan, Senin (22/1/2018).

Tjahjo memastikan pemberhentian sementara Manalip sudah sesuai dengan aturan sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, serta Pasal 77 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

 

Bupati Talaud Sri Wahyumi (kanan) bersama warga (Istimewa)

"Pemberhentian terhadap Bupati Talaud berasal dari Surat Gubernur Sulawesi Utara, kemudian sesuai PP Binwas sudah kita verifikasi ke Talaud, ada bukti verifikasi kita, sehingga Kepmendagri tersebut sudah sesuai prosedur, substansi dan kewenangan Menteri yang diatur Pasal 77 Ayat (2) UU Nomor 23 Tahun 2014," jelas Tjahjo.

(Baca juga: Sederet "Dosa" Bupati Talaud hingga Berujung Penonaktifan Tugas)

Politikus PDIP itu menambahkan, selama ini memang ada aduan terkait perjalanan dinas ke luar negeri yang dilakukan baik oleh kepala daerah atau wakilnya. Namun memang, tidak disertai dengan usulan seperti yang terjadi dalam kasus Bupati Talaud, dimana ada usulan dari Gubernur Sulawesi Utara.

"Sehingga kita hanya meminta gubernur untuk klarifikasi. Sehingga agak sulit bagi Kemendagri untuk tindaklanjutnya," pungkas Tjahjo.

Sekadar informasi, Mendagri Tjahjo Kumolo telah menunjuk Wakil Bupati Talaud, Petrus Tuange sebagai Plt Bupati menggantikan Sri Wahyumi Manalip yang sedang diberhentikan sementara lantaran pergi ke negeri Paman Sam tanpa izin.

Manalip sendiri merasa dirinya dizalimi atas pemberhentian ini. Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan kesalahan yang dilakukan manalip sudah berulang kali dilakukan. Karena itu sanksi baginya sudah tepat sebagaimana aturan perundang-undangan.

"Yang saya ketahui dia sudah pernah dapat surat teguran zaman Gubernur Sarundajang, zaman pejabat Gubernur Sumarsono, kemarin itu sangat fatal karena itu dari DPR RI memberikan surat ke kita, dari DPD RI memberikan surat ke kita, terakhir dari Mendagri," ujar Olly kepada Okezone, Senin 15 Januari 2018.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini