nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wamen Lingkungan Hidup Jepang Akan Tinjau Sungai Citarum

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 19 Januari 2018 22:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 19 337 1847703 wamen-lingkungan-hidup-jepang-akan-tinjau-sungai-citarum-eA4iNM3C3K.jpg foto: Antara

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Masudi mengungkapkan, bahwa Wakil Menteri Lingkungan Hidup Jepang Nobumori Otani akan menyambangi sungai Citarum untuk melihat sejauh mana pencemaran lingkungan sungai yang ada di Bandung, Jawa Barat tersebut.

Indonesia-Jepang telah melakukan sejumlah kerjasama di bidang pembangunan infrastuktur dan bidang lainnya di Tanah Air. Menurut Retno, salah satu proyek kerjasama itu adalah revitalisasi sungai Citarum.

"‎Untuk sungai Citarum, Wakil Menteri Lingkungan Hidup Jepang akan meninjau sungai Citarum untuk menjajaki penjajakan awal kerjasama apa yang dilakukan Indonesia dan Jepang dalam kerjasama itu‎," kata Retno di Kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/1/2018).

 (Baca juga: Jomplangnya Perbedaan Sungai Citarum dengan Sungai di Shizuoka Jepang)

‎Dalam memperingati 60 tahun hubungan bilateral Indonesia-Jepang, kedua negara ini telah sepakat melakukan kerjasama enam proyek pembangunan di bidang infrastruktur.

Di antaranya Mass Rapid Transit (MRT) Tahap I, MRT Koridor Timur-Barat Jakarta, kereta semi cepat Jakarta-Surabaya, Tol Pekanbaru-Padang Sumatera, dan pengembangan perikanan di Pulau Marsela.

 (Baca juga: Terima Laporan Citarum Terkotor Sedunia, Presiden Jokowi Janjikan Revitalisasi di 2018)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ‎langsung memimpin rapat terbatas (Ratas) yang membahas pencemaran lingkungan di sungai Citarum saat melakukan kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat, Selasa 16 Januari 2018.

‎Revitalisasi sungai citarum menjadi salah satu fokus program kerja pemerintah ‎lantaran pencemaran sungai tersebut telah banyak mengandung bakteri yang berbahaya.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup Jepang Nobumori Otani merupakan salah satu delegasi yang menemani‎ Sekjen Partai Liberal Demokrat Toshihiro Nikai yang merupakan utusan khusus Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe untuk bertemu Kepala Negara di Istana Bogor.‎

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini