DPR Harap Idrus Marham Cepat Beradaptasi sebagai Mensos

Bayu Septianto, Okezone · Kamis 18 Januari 2018 06:23 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 18 337 1846629 dpr-harap-idrus-marham-cepat-beradaptasi-sebagai-mensos-eCgAgE5HnT.jpg Idrus Marham (foto: Okezone)

JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq berharap Menteri Sosial yang baru saja dilantik, Idrus Marham segera menyesuaikan dirinya dengan pekerjaaan-pekerjaan yang ditinggalkan Khofifah Indar Parawansa. Sebagai mitra kerja, Maman memahami akan adanya perbedaan karakter kepemimpinan antara Khofifah dengan Idrus yang masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Golkar itu.

"Tentu ada perbedaan nanti dari kepemimpinan Khofifah ke Idrus Marham, nah saya berharap Idrus Marham bisa cepat menyesuaikan progran-program yang sudah dibuat dan dilakukan oleh khofifah," jelas Maman saat dihubungi Okezone, Kamis (18/1/2018).

Menurut Maman, Idrus harus bisa mempertahankan kinerja baik yang telah dilakukan Khofifah sebagai Mensos, seperti dengan meneruskan program-program pemerintah di bidang sosial yang selama ini sudah berjalan dengan baik di tangan Khofifah.

"Pastikan validasi data, komunikasi antara instansi, sehingga bisa membuat Kemensos jadi kementerian terdepan di bawah pemerintahan Jokowi," ucap Maman.

 (Baca Juga: Reshuffle Kabinet, Jokowi Pilih Idrus Marham Jadi Mensos Gantikan Khofifah)

Terkait posisi Mensos yang saat ini diisi oleh kader Partai Golkar, Maman yang juga Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu tak mempermasalahkan jatah kursi menteri yang diisi oleh partainya menjadi berkurang.

"Itu hak prerogatif presiden," singkatnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengganti Khofifah Indar Parawansa dan menunjuk Sekjen Partai Golkar Idrus Marham sebagai Menteri Sosial (Mensos). Pergantian Khofifah dilakukan Presiden Joko Widodo agar kinerja di Kementerian Sosial (Kemensos) tidak terganggu pasca ia memutuskan untuk maju sebagai calon gubernur di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

"‎Pertama kita tahu itu Bu Khofifah mencalonkan diri jadi gubernur di Jawa Timur. Jadi biar kosentrasi di Jawa Timur," kata Jokowi usai acara pelantikan di Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu 17 Januari 2018 kemarin.

 (Baca Juga: Ini Undangan Reshuffle Menteri Kabinet Kerja Presiden Jokowi)

Jokowi berharap Idrus mampu melanjutkan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Beras Sejahtera (Rastra) yang selama ini telah membantu meringankan biaya hidup masyarakat Indonesia.

"‎Program baik itu berupa bagian beras Rastra urusan PKH dan urusan sosial lainnya yang begitu sangat banyak. Sehingga harus cepat diganti,"‎ harap Jokowi.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini