nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Tegaskan Hormati Penetapan Bamsoet sebagai Ketua DPR RI

ant, Jurnalis · Senin 15 Januari 2018 22:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 15 337 1845443 presiden-jokowi-tegaskan-hormati-penetapan-bamsoet-sebagai-ketua-dpr-ri-TKGQLSQgnp.jpg Presiden Jokowi saat hadir di Pekalongan (Foto: Kris/Biro Set Pres)

TEGAL - Presiden Joko Widodo mendukung pemilihan Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR baru menggantikan Setya Novanto. Jokowi menyebut setiap keputusan yang tercipta dari proses pemilihan yang berlangsung secara demokratis harus dihormati.

"Kalau sudah dipilih secara demoktratis tentu pemerintah mendukung pilihan yang sudah dipilih tersebut, sangat menghargai, menghormati keputusan itu," kata Presiden Joko Widodo di Tegal, Jawa Tengah, Senin, (15/1/2018), usai meninjau pelaksanaan pekerjaan saluran irigasi tersier dalam program 'cash for work di Dukuh Lo, Kecamatan Lebak Siu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

 (Baca: Bambang Soesatyo Resmi Jadi Ketua DPR Pengganti Setya Novanto)

Rapat Paripurna DPR pada Senin menyetujui Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR sesuai surat yang diajukan oleh Fraksi Partai Golkar terkait pergantian Ketua DPR.

Sebanyak 307 anggota DPR yang hadir dalam rapat paripurna tersebut menyatakan setuju dengan pengangkatan Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR.

"Ya (pergantian ketua DPR) itu dinamika yang ada di DPR, itu wilayahnya Dewan Perwakilan Rakyat, itu wilayahnya di sana, dinamika politik di sana," tambah Presiden.

Ia berharap kerja sama pemerintah dan DPR dapat terjalin lebih baik di bawah kepemimpinan Bambang Soesatyo.

"Kita harap kerja sama pemerintah dan DPR lebih baik," ungkap Presiden.

(Baca juga: Jadi Ketua DPR, Ini Tugas yang Akan Dilakukan Bambang Soesatyo)

Sekadar diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akhirnya resmi memiliki Ketua DPR RI, yakni Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang telah dilantik Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali pada Senin (15/1/2018) sore tadi.

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto selaku pimpinan rapat paripurna mengawali rapat dengan membacakan dua surat dari Partai Golkar terkait pengunduran diri Setya Novanto sebagai Ketua DPR dan terkait dengan penunjukkan Bamsoet untuk menggantikan Setya Novanto.

"Apakah pergantian Ketua DPR RI dari Fraksi Golkar dari Setya Novanto kepada Bambang Soesatyo dapat disetujui?" tanya Agus kepada peserta rapat paripurna.

"Setuju," jawab para anggota.

 

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini