nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Memasuki Tahun Politik, GP Ansor Gelar Rakernas

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 15 Januari 2018 19:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 15 337 1845359 memasuki-tahun-politik-gp-ansor-gelar-rakernas-sTbFPB3WQB.jpg Rakernas GP Ansor (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gerakan Pemuda Ansor se-Indonesia menggelar rapat Koordinasi Nasional yang diselenggarakan di Aula Iqbal Assegaf, kantor PP GP Ansor Jl. Kramat Raya No 65A, Jakarta Pusat.

Rakornas berema ‘Menjawab Tantangan Tahun Politik 2018 dan Sikap GP Ansor’. Sekretaris Jenderal PP Gp Ansor Abul Rochman mengatakan rapat tahunan ini diselenggarakan lebih awal dikarenakan untuk menyambut tahun politik.

“Kebetulan di tahun 2018 ini kita selenggarakan di awal karena kita telah memasuki tahun yang disebut Presiden Jokowi sebagai tahun politik karena banyak sejumlah Pilkada di Indonesia termasuk ada 17 pilgub di 2018,” ujar Abdul di Aula Iqbal Assegaf, kantor PP GP Ansor Jl. Kramat Raya No 65A, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2018).

Menurutnya pembahasan itu perlu mendapatkan respon dari pimpinan pusat GP Ansor agar nantinya baik organisasi Ansor dan kader Ansor tidak di dalam politik praktis di tahun 2018 ini.

“Organisasi di lingkungan NU maupun banom-banomnya yang terikat kepada khittah 26 1926 yang menyebutkan bahwa NU sebagai organisasi itu tidak boleh berpolitik praktis. Jadi secara organisasi kita tidak boleh berpolitik praktis,” tegasnya.

Meski begitu, lanjut Abdul menuturkan akan memberikan koridor atau batasan kepada para kader agar di tahun politik ini kader GP Ansor tidak merugikan organisasinya sendiri dan tetap bisa menggunakan hak politiknya.

“Kita memberikan koridor batas supaya mereka di tahun pokitik ini tidak membahayakan organisasi tetapi mereka bisa menggunakan hak politik sebagai warga negara dengan baik,” papar Abdul.

“Termasuk misalnya jikapun mereka harus mendukung satu dua atau tiga kepala daerah tetap harus dalam koridor organisasi dan menjunjung tinggi etika berpolitik yang berakhlakul kharimah,” sambungnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini