Jadi Ketua DPR, Ini Tugas yang Akan Dilakukan Bambang Soesatyo

Bayu Septianto, Okezone · Senin 15 Januari 2018 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 15 337 1845336 jadi-ketua-dpr-ini-tugas-yang-akan-dilakukan-bambang-soesatyo-yFmYf4oxtB.jpg Bambang Soesatyo Resmi Jadi Ketua DPR RI (foto: Antara)

JAKARTA - Ketua DPR yang baru, Bambang Soesatyo (Bamsoet) berjanji untuk memperkuat fungsi dasar DPR RI yaitu fungsi legislasi, pengawasan, dan anggaran. Menurut Bamsoet ketiga fungsi ini harus berjalan seiring dan saling mendukung.

Dalam pidatonya usai dilantik, Bamsoet juga akan menguatkan tugas dan wewenang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) agar bisa menjaga kehormatan lembaga DPR.

Bambang Soesatyo Resmi Menjadi Ketua DPR Menggantikan Setnov Bambang Soesatyo (foto: Antara)

(Baca Juga: Bambang Soesatyo Resmi Jadi Ketua DPR Pengganti Setya Novanto)

"Termasuk penguatan terhadap tugas, fungsi dan kewenangan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), sebagai benteng kehormatan tidak saja kepada para anggota. Tetapi juga kepada DPR sebagai institusi lembaga tinggi negara," jelas Bamsoet dalam pidatonya di ruang sidang paripurna, Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2018).

Bamsoet juga akan mendorong lahirnya undang-undang dan produk legislasi lainnya yang relevan dengan kepentingan bangsa Indonesia. Hal ini sebagai bagian dari kerja DPR menjalankan amanat konstitusi.

Terkait dengan kepentingan rakyat, Bamsoet yang sebelumnya duduk sebagai Ketua Komisi III itu juga akan memastikan alokasi anggaran dari negara guna memenuhi kebutuhan rakyat.

"Kami juga akan melakukan pengawasan yang seksama dan responsif terhadap kebutuhan rakyat, serta memastikan alokasi anggaran yang mampu mendorong kesejahteraan dan keadilan sekaligus," tuturnya.

(Baca Juga: Bambang Soesatyo Resmi Jadi Ketua DPR Pengganti Setya Novanto)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini