nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bambang Soesatyo Resmi Ditunjuk Golkar Jadi Ketua DPR

Bayu Septianto, Jurnalis · Senin 15 Januari 2018 09:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 15 337 1844952 bambang-soesatyo-resmi-ditunjuk-golkar-jadi-ketua-dpr-hGytFuaj1O.jpg Airlangga tunjuk Bamsoet sebagai Ketua DPR gantikan Setnov (Foto: Bayu/Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto akhirnya menunjuk Ketua Komisi III Bambang Soesatyo (Bamsoet) sebagai Ketua DPR RI, menggantikan Setya Novanto.

Novanto diketahui telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua DPR sejak awal Desember 2017 karena menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi e-KTP.

Menurut Airlangga, nama Bamsoet dipilih setelah melalui komunikasi demgan tokoh-tokoh Partai Golkar.

"Setelah komunikasi tokoh Golkar di Dewan Pembina, Dewan Pakar, dari nama yang muncul seluruhnya mampu duduki ketua DPR tapi setelah komunikasi di lingkungan strategi dan politik maka Bambang yang diputuskan," ujar Airlangga di Ruang Rapat Fraksi Partai Golkar, Kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2018).

Bamsoet dinilai memiliki banyak pengalamann panjang di DPR sehingga dianggap memahami hakikat sistem dan kelembagaan DPR.

"Punya koseptual baik dan ide gagasan dan alumni wartwan sehinggaa dapat komunikasi yang baik," ucap Airlangga.

Diketahui sekira satu bulan kursi Ketua DPR kosong semenjak Setya Novanto mundur dari jabatannya pada awal Desember 2017. Selang beberapa hari pasca mundur, pimpinan DPR langsung menggelar rapat dan memutuskan untuk menunjuk Wakil Ketua DPR Fadli Zon sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR.

Siang nanti Kesetjenan DPR telah menjadwalkan menggelar rapat paripurna dengan agemnda pelantikan Bamsoet sebagai Ketua DPR yang baru. (aky)

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini