Share

La Nyalla Ngaku Dimintai Rp40 Miliar, Fadli Zon: Dana Logistik Pilkada Bukan untuk Prabowo

Inews, · Kamis 11 Januari 2018 21:25 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 11 337 1843761 la-nyalla-ngaku-dimintai-rp40-miliar-fadli-zon-dana-logistik-pilkada-bukan-untuk-prabowo-rhqgCFNKaA.jpg Fadli Zon (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon angkat suara soal pernyataan La Nyalla Mahmud Mattaliti yang mengaku dimintai uang Rp40 miliar oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto agar bisa maju ke Pilgub Jawa Timur (Jatim). Menurut Fadli Zon, dana tersebut lebih untuk persiapan calon di Pilgub Jatim 2018, bukan masuk ke kantong pribadi Prabowo dan partai.

Fadli Zon mengatakan, pilkada membutuhkan dana yang harus disiapkan, terutama untuk logistik. Karena itu, wajar jika La Nyalla diminta memberikan dana Rp40 miliar.

“Jadi saya kira bukan untuk Pak Prabowo atau untuk DPP Gerindra. Saya kira itu lebih untuk pada persiapan calon yang bersangkutan,” ungkap Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPR itu di Gedung Nusantara II, Jakarta Selatan, (11/01/2018).

Fadli Zon menduga dana Rp40 miliar itu dibutuhkan untuk melakukan pertemuan, perjalanan, konsumsi dan lain sebagainya menjelang Pilgub Jatim. Belum lagi untuk saksi-saksi di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang jumlahnya sangat besar. Para saksi di TPS tentu harus dibekali dengan uang transportasi dan konsumsi.

(Baca Juga: La Nyalla Mengaku Diminta Prabowo Keluarkan Rp40 Miliar untuk Maju di Pilgub Jatim)

“Jadi perhitungan itu terkait dengan saksi para relawan dan lain sebagainya. Mereka harus diberikan transportasi, konsumsi pada waktu hari H maupun persiapan sebelumnya. Kalau enggak ada dana kan repot juga. Saya kira wajar soal hal itu, bukan untuk kepentingan pribadi atau kepentingan partai, tapi untuk kepentingan yang bersangkutan,” ungkap Fadli Zon.

Fadli membantah pernyataan La Nyalla yang mengatakan gagal direkomendasikan Partai Gerindra karena menolak memberikan uang sebesar Rp40 miliar itu. Menurutnya, itu hanya masalah komunikasi saja. Namun, Fadli Zon juga mengaku tidak mengetahui secara detail alasan La Nyalla akhirnya tidak mendapat rekomendasi dari Gerindra.

“Ya saya enggak tahu detail atau teknisnya, mungkin ketua DPD (Jatim) Gerindra lebih tahu lah,” katanya.

(Baca Juga: La Nyalla Berkicau Dimintai Rp40 Miliar oleh Prabowo, Gerindra: Itu Bukan Mahar)

Dia kembali menegaskan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak meminta dana sebesar Rp40 miliar kepada La Nyalla. “Mungkin yang dimaksud meminta itu menyiapkan untuk persiapan saksi dan sebagainya, bukan untuk Pak Prabowo. Untuk apa Pak Prabowo minta,” ujarnya.

Sebelumnya La Nyalla mengatakan, dia dimintai uang Rp40 miliar oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai syarat agar surat rekomendasi pencalonan dirinya di Pilgub Jatim diterbitkan. Namun, dia tidak menyanggupinya sehingga gagal maju ke Pilgub Jatim.

Follow Berita Okezone di Google News

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini