DPR Yakin BSSN Dapat Bekerja Independen

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 04 Januari 2018 06:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 04 337 1839754 dpr-yakin-bssn-dapat-bekerja-independen-CiSeyKi6o3.jpg Kepala Badan Siber dan Sandi Negara, Djoko Setiadi (foto: Antara)

JAKARTA - Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari meyakini Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dapat bekerja secara independen untuk negara. Kharis berharap lembaga baru ini segera bergerak dan diisi orang-orang yang tepat dan profesional.

"BSSN ini adalah lembaga independen, tidak berpihak pada kepentingan apa pun, kerja untuk Negara, pastikan itu" kata Kharis dalam keterangan tertulisnya, Rabu 3 Januari 2018 malam.

 (Baca juga: DPR Apresiasi Pelantikan BSSN dan Beroperasinya Mesin Sensor)

Politikus PKS ini menuturkan, jelang Pileg dan Pilpres 2019, tantangan cyber security menjadi semakin dinamis dan perlu segera penanganan yang lebih baik lagi.

"Selain menjaga infrastruktur krusial, mulai dari sektor publik, keuangan, transportasi, dan segala sektor wajib dijaga data-data milik kita dari peretasan pihak luar. Pastikan kedaulatan internet kita jangan sampai disusupi pihak asing dan mencuri data-data kita," jelas Kharis.

 (Baca juga: Kepala BSSN: Kalau Hoax Membangun Silakan Saja, Jangan Terlalu Protes)

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Mayjen Djoko Setiadi sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Djoko Setiadi yang sebelumnya memimpin Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dikukuhkan di Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu 3 Januari 2018.

Pelantikan itu berdasarkan‎ Keppres Nomor 173/P/2017 tentang Pemberhentian Kepala Lemsaneg dan Pengangkatan Kepala BSSN tahun 2017-2022.

Djoko merupakan Kelapa BSSN pertama sejak badan ini dibentuk melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 133 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 53 Tahun 2017 tentang BSSN. Perpres tersebut ditandatangani oleh Kepala Negara pada 16 Desember 2017 lalu.

Sebelum perubahan Perpres itu dilakukan, BSSN merupakan lembaga pemerintah berada di bawah kendali Menko Polhukam Wiranto. Namun, kali kini BSSN berada langsung di bawah Presiden Jokowi.

Lembaga ini bertugas mengawasi dan mencegah kejahatan siber dengan menjaga keamanan siber secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan di dunia maya.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini