Polri: Malam Ini Puncak Arus Balik Libur Tahun Baru

Fadel Prayoga, Okezone · Senin 01 Januari 2018 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 01 337 1838511 polri-malam-ini-puncak-arus-balik-libur-tahun-baru-Q6o8pkWbLg.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Jumlah kendaraan yang mengarah ke Jakarta diprediksi akan terus meningkat pada malam ini, mengingat hari ini adalah hari terakhir libur Tahun Baru. Mereka akan kembali melanjutkan aktivitas seperti biasa pada besok, Selasa 2 Januari 2018.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, pihaknya memperkirakan pada malam nanti akan terjadi lonjakan arus kendaraan. Sebab, kata dia, besok seluruh instansi, baik swasta atau negri telah kembali beraktivitas.

"Arus balik kita predikisi puncaknya hari ini, nanti malam sampai besok pagi," kata dia di gedung Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (1/1/2018).

Jenderal bintang satu itu menjelaskan, pihaknya memperkirakan bakal ada 60 persen yang sebelumnya meninggalkan Ibu Kota akan kembali.

"Saya nggak bisa prediksi berapa ratus ribu kendaraan, yang jelas 60 persen dari angka yang kemarin meninggalkan Jakarta," imbuhnya.

(Baca Juga: Ruas Tol Cikampek Mulai Padat Kendaraan Arus Balik)

Lebih lanjut, ia menjelaskan, untuk sisa kendaraan lainnya akan pulang ke Jakarta pada 7 Januari 2018. Sebab pada hari itu memasuki waktu terakhir anak sekolah libur.

"Selain nanti malam diprediksi sebagai puncak arus balik, namun bakal terjadi susulan arus balik lagi yakni pada Minggu 7 Januari 2018 mendatang," pungkasnya.

(Baca Juga: Puncak Arus Balik, 62.112 Kendaraan Diprediksi Melintas di Tol Cipali)

Sekadar informasi, AVP Corporate Comunication PT Jasamarga Tbk, Dwimawan Heru memperkirakan sebanyak 104 ribu kendaraan akan melintas ke arah Ibu Kota. Jumlah kendaraan itu meningkat hingga hampir 50% dibandingkan hari normal.

"Prediksi kami hari ini, peningkatan jumlah volume lalu lintas akan terjadi untuk kendaraan arah Jakarta. Untuk perkiraan kami, sebanyak 104 ribu kendaraan diprediksi melintas menuju Jakarta atau meningkat 48,5% dari lalin normal yang hanya 70 ribu," kata Dwimawan, hari ini. (kha)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini