Share

KPU Nyatakan DPP Partai Garuda Penuhi Syarat Verifikasi Faktual

Muhamad Rizky, Okezone · Senin 01 Januari 2018 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 01 337 1838509 kpu-nyatakan-dpp-partai-garuda-penuhi-syarat-verifikasi-faktual-rzufUyPiaF.jpg Tim KPU saat menyambangi Kantor DPP Partai Garuda (Rizky/Okezone)

JAKARTA – Tim Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan DPP Partai Garuda memenuhi syarat verifikasi faktual sebagai peserta Pemilu 2019. Hal itu dipastikan setelah tim dipimpin Ketua KPU Arief Budiman turun langsung ke Kantor DPP Partai Garuda di Kwitang, Jakarta Pusat.

Arief mengatakan, ada tiga poin yang dilihat dalam proses verifikasi oleh KPU yakni kepengurusan, domisili kantor, dan keterwakilan perempuan yang harus memenuhi 30 persen. DPP Partai Garuda memenuhinya.

"Jadi untuk verifikasi dari tiga item pengurus inti, domisili, dan keterwakilan perempuan kami nyatakan memenuhi syarat," kata Arief di Kantor DPP Partai Garuda, Senin (1/1/2017).

KPU RI masih menunggu hasil proses verifikasi di DPW dan kabupaten dan kota untuk dapat mengambil kesimpulan apakah perlu dilakukan perbaikan atau tidak.

"Selanjutnya kami akan menunggu tingkat verifikasi di DPW dan kabupaten/ kota. Nah kita menunggu sampai dengan 12 Januari 2018 setelah itu maka akan kami akan ambil kesimpulan apakah perlu perbaikan atau tidak," ungkapnya.

Tim KPU turun ke Kantor DPP Partai Garuda untuk verifikasi faktual diawasi langsung Bawaslu.

"Kami hadir dengan formasi lengkap pada awal 2018 untuk melakukan verifikasi parpol. Di hari pertama tahun ini, kami sekaligus menyatakan siap untuk melaksanakan Pilkada dan Pemilu mendatang," kata Arief.

Selain Partai Garuda, KPU hari ini juga memverifikasi faktual DPP Partai Berkarya sebagai calon peserta Pemilu 2019. Usai dari Kantor DPP Partai Garuda, KPU dan Bawaslu bergerak menyambangi Kantor DPP Berkarya di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan.

Arief mengatakan, verifikasi faktual dilakukan KPU RI hanya untuk kepengurusan pusat atau DPP.

"Di tingkat kepengurusan provinsi juga demikian. Selanjutnya, KPU daerah akan melaksanakan verifikasi faktual kepengurusan dua parpol ini di tingkat kabupaten/kota," tambah Arief.

 

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini