Share

Kampanye CELUP Menjadi Viral, Ini Pengakuan Admin Akunnya

Silvia Rahmatina, · Kamis 28 Desember 2017 19:50 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 28 337 1837099 kampanye-celup-menjadi-viral-ini-pengakuan-admin-akunnya-42aIB1sdkC.jpg Kampanye Celup di Media Sosial (Foto: Facebook)

JAKARTA - Jagat media sosial dihebohkan dengan adanya kampanye CELUP (cekrek, lapor, upload) sebagai aksi melaporkan tindak asusila di tempat umum. Sebelum menghilang dari dunia maya, administrator akun @cekrek.lapor.upload memberikan klarifikasi atas komentar-komentar netizen.

Pemilik akun CELUP memberikan klarifikasi kepada masyarakat di official account LINE dan akun instagram @cekrek.lapor.upload.

Kami mengklarifikasi bahwa CELUP hanyalah sebuah contoh tugas kuliah yang tidak ‘real’ untuk dilakukan. Tugas kami hanya mendesain sebuah media tidak lebih dari sekedar tugas. Sekali lagi kami memohon maaf kepada media dan teman-teman yang merasa tersinggung dan terganggu,” demikian klarifikasi yang disampaikan dalam akun resmi LINE CELUP.

CELUP juga memberikan klarifikasi di akun instagram setelah sempat mencatut beberapa media yang diduga ikut mendukung gerakan kampanye asusila ini.

Selamat sore, kami CELUP hari ini mengkonfirmasi bahwa kami tidak ada keterkaitan dengan media Jawa Pos, Detik.com, TV 9, C20, Aiola Eatory dan Pemerintah Kota Surabaya. Logo tersebut dicantumkan karena salah paham hanya untuk izin penempelan poster dan peliputan media. Selebihnya tidak ada dukungan apa pun,” demikian keterangan tertulis dalam akun instagram @cekrek.lapor.upload.

(Baca Juga: Kampanye CELUP yang Viral di Media Sosial Mendadak Hilang)

Sebelum akun CELUP menyampaikan penjelasan perihal pencatutan nama media, beberapa media tersebut telah memberikan klarifikasi agar tidak terjadi kesalahpahaman di antara media dengan masyarakat.

CELUP yang merupakan akronim dari cekrek, lapor, upload merupakan sebuah gerakan kampanye anti susila yang dipelopori oleh Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jawa Timur.

Dalam screenshoot akun Instagram, @cekrek.lapor.upload, terdapat ilustrasi seorang laki-laki yang sedang merangkul perempuan dengan hiasan ikon hati merah mudah dalam sebuah bubble text di antara mereka. Di belakang pasangan itu, seorang pria diam-diam mengambil gambar keduanya.

Tagline dalam bio instagram @cekrek.lapor.upload sendiri berbunyi, “Selamatkan ruang publik kita, pergoki mereka! Laporkan kepada kami”.

Lewat kampanye ini masyarakat diajak untuk melaporkan tindakan asusila di ruang publik, seperti taman, bioskop, dan lainnya. Masyarakat bisa melaporkannya melalui official account LINE atau instagram @cekrek.lapor.upload dan akan mendapat poin serta hadiah.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini