Share

Ditjen Imigrasi Tunggu Permintaan Penyidik Cabut Paspor Habib Rizieq

Taufik Fajar, Okezone · Kamis 21 Desember 2017 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 21 337 1834146 ditjen-imigrasi-tunggu-permintaan-penyidik-cabut-paspor-habib-rizieq-bcjhnLxXS8.jpg Ditjen Imigrasi menggelar jumpa pers akhir tahun (Foto: Taufik Fajar)

JAKARTA - Paspor Imam Besar Ormas Front Pembela Islam (FPI) hingga saat ini belum ditarik. Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham beralasan, belum ditariknya paspor Habib Rizieq karena belum ada permintaan penyidik kepolisian, sehingga memilih menunggu.

"Dalam kasus Habib Rizieq Shihab ini, kami bisa menarik paspor Habib Rizieq apabila ada permintaan dari kepolisian. Tapi, sampai saat ini belum ada permintaan dari penyidik," ujar Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi, Agung Sampurno di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2017).

(Baca Juga: Polisi Bandara Soetta Belum Terima Informasi Kepulangan Habib Rizieq)

Selain itu, lanjut Agung, pihaknya juga tidak bisa mendeportasi Habib Rizieq karena tidak berwenang dalam perkara ini. Deportasi, ujar Agung, dapat dilakukan dengan mekanisme pidana melalui interpol. Itu pun ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi.

"Jadi, kalau yang seperti ini, tidak masuk. Makanya, tidak bisa dimintakan kepada Interpol," tuturnya.

Agung menambahkan, Imigrasi juga tidak mempunyai kewenangan untuk menjemput paksa Habib Rizieq di Makkah, Arab Saudi karena bukan kewenangan Imigrasi.

"Habib Rizieq Shihab mempunyai paspor dengan masa berlaku sampai 2021," pungkasnya.

(Baca Juga: Presidium 212: Dalam Hitungan Bulan Habib Rizieq Akan Pulang ke Indonesia)

Seperti diketahui, Habib Rizieq belum dapat dipastikan kapan akan pulang ke Tanah Air. Ia berada Makkah sejak ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan video chat porno bersama Ketua Yayasan Solidaritas Sahabat, Cendana Firza Husein. Keberangkatannya ke Makkah juga dibarengi dengan dengan alasan menunaikan ibadah umrah.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini