Perindo Lolos Verifikasi Faktual Tidak Lepas dari Peran Kader

Achmad Fardiansyah , Okezone · Rabu 20 Desember 2017 23:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 20 337 1833698 perindo-lolos-verifikasi-faktual-tidak-lepas-dari-peran-kader-UO4SJ4OpTH.jpg Ketum Hary Tanoesoedibjo beserta jajaran Partai Perindo dan KPU RI saat verifikasi faktual. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA – Setelah dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, pihak Partai Perindo menyatakan ini tidak lepas dari peran seluruh kader dalam membesarkan partai.

"Ini adalah kerja keras semua ketua, kader, dan relawan dalam mempersiapkan verikasi faktual yang saat ini masih berlanjut di setiap provinsi kabupaten/kota," kata Ketua Umum Resque DPP Perindo, Adin Denny, kepada Okezone, Rabu (20/12/2017).

Dari penetapan KPU yang meloloskan Perindo di tahap verifikasi faktual tersebut diharapkan menjadi langkah baru dalam mewujudkan cita-cita partai yakni membangun Indonesia sejahtera secara merata.

"Semoga ini menjadi langkah baru dalam politik Indonesia yang mana partai baru berkeinginan bersama masyarakat membangun Indonesia yang berkeadilan dan bisa mewujudkan Indonesia sejahtera secara merata," tuturnya.

(Baca: Ketua KPU Nyatakan Perindo Penuhi Persyaratan Verifikasi Faktual)

https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 20 337 1833385 ketua-kpu-nyatakan-perindo-penuhi-persyaratan-verifikasi-faktual-dN9fvGsQrz.jpg

Sebagaimana diketahui, KPU RI telah menyatakan Partai Perindo lolos dalam verifikasi faktual. Verifikasi ini berlangsung di Kantor DPP Partai Perindo, Jalan Abdul Muis, Gambir, Jakarta Pusat.

Pengesahan tersebut langsung ditetapkan oleh Ketua KPU RI Arief Budiman dan sejumlah komisioner yakni Evi Novida, Ginting Manik, Pramono Ubaid Tanthowi, dan Ilham Saputra.

Saat tahap penetapan lolos verifikasi faktual, Arief menjelaskan tiga poin utamanya kepada Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Sekjen Ahmad Rofiq, dan jajaran lainnya.

Pertama, KPU akan mengecek identitas pengurus harian Partai Perindo. Selanjutnya keterwakilan 30 persen perempuan dan keterangan domisili kantor.

"Pertama untuk ketua umum atas nama Hary Tanoesoedibjo, kartu anggotanya ada. Jadi Pak HT benar-benar sebagai anggota Perindo. Saya khawatir Beliau terbaca di partai lain," kata Arief yang disambut tawa para pengurus.

"Untuk ketua umum, saya nyatakan sah. Ada KTA-nya. Sedangkan KTP membantu kami memastikan yang bersangkutan terdaftar sebagai pemilih," lanjut dia.

Kemudian KPU juga mengecek keanggotaan Sekjen Perindo Ahmad Rofiq dan Bendahara Umum Perindo Henry Suparman. "Jadi untuk tiga (pengurus inti) ini memenuhi syarat," terangnya.

Arief menyebut soal keterwakilan perempuan dalam kepengurusan, pihaknya mengabsen satu per satu nama pengurus. Selain itu pada kesempatan kali ini Perindo melebihi batas yang sudah ditentukan.

"Jumlah pengurus perempuan 8 dari 25 orang jumlah 32 persen. Item pertama pengurus inti dan keterwakilan perempuan sudah terpenuhi. Kita akan cek keberadaan kantor," terangnya.

Diketahui perempuan yang tergabung dalam kepengurusan Partai Perindo yakni Ratih Purnamasari di bidang pemberdayaan perempuan. Ajun Damayanti sebagai wakil sekjen. Pengurus berikutnya Angela Tanoesoedibjo sebagai wakil sekjen. Selanjutnya ada Susi Meilina selaku kepala bidang perekonomian.

Pengurus selanjutnya, Debora sebagai wasekjen, Stin Maria sebagai bendahara 1, Thejenny bendahara 2, terakhir Eva mutia bendahara 3.

Sedangkan untuk verifikasi kantor, Arief menyebut Partai Perindo juga sudah memenuhi persyaratan dan ketentuan yang ada.

(Baca: Perindo Lolos Verifikasi Faktual oleh KPU, Hary Tanoe: Bersyukur Semua Berjalan Baik)

https: img.okeinfo.net content 2017 12 20 337 1833365 lolos-verifikasi-faktual-oleh-kpu-hary-tanoe-semua-berjalan-baik-wKTXxkhIf1.jpg

"Ketentuan kantor pusat berada di Ibu Kota negara keterangan domisili sudah ada. Di UU disyaratkan kantor harus dapat digunakan sampai tahapan pemilu berakhir itu ada di F4 parpol. Sampai pengambilan sumpah anggota DPR, DPD, dan DPRD. Dokumen kantor memenuhi syarat," jelasnya.

"Secara keseluruhan item yang dipersyaratkan dinyatakan memenuhi syarat. Tim verifikator akan membuat dokumen dan akan disampaikan kepada DPP Perindo kami nyatakan verifikasi faktual telah selesai," tandasnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini