nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap! Misteri Angka 1681 di Tanda Tangan Presiden Jokowi

Amril Amarullah, Jurnalis · Rabu 20 Desember 2017 16:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 20 337 1833455 terungkap-misteri-angka-1681-di-tanda-tangan-presiden-jokowi-oCJqa2Qci9.jpg Presiden Joko Widodo (foto: Quranul Hidayat/Okezone)

JAKARTA - Banyak yang belum mengetahui dan menyadari bahwa di tanda tangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) tertulis angka 1681. Apa makna dibalik angka yang ditorehkan orang nomor satu di negeri ini, dan apa alasan Jokowi menulis angka 1681 di tanda tangannya.

Saat menghadiri acara Dies Natalis ke-68 Universitas Gadjah Mada, Selasa kemarin, Presiden Jokowi tampak akrab dan penuh kehangatan berada di tengah-tengah mahasiswa dan para dosen. Bahkan presiden bercerita mengenai nomor induk mahasiswa ketika mengeyam pendidikan di Fakultas Kehutanan UGM tersebut.

Jokowi berujar hingga sekarang dirinya selalu ingat dan bahkan tidak pernah lupa berapa nomor induk mahasiswanya. “Saya hafal betul angkanya 1681, karena apa. Yah, karena saya gunakan di tanda tangan. Di tanda tangan saya itu ada angka 1681, itu nomor mahasiswa saya dan sampai sekarang (tetap dipergunakan). Coba diamati betul (tanda tangan saya) pasti ada angka 1681,” ujar Jokowi di sambut gelak tawa dan tepuk tangan mahasiswa dan dosen di UGM.

 (Baca Juga: Dari Paspampres hingga Menteri Pramono Anung Ikut "Dikerjain" Jokowi)

Berdasarkan ilmu Grafologi, secara keseluruhan tanda tangan Presiden Jokowi ini termasuk yang sering berubah-ubah, jauh lebih sering dari Habibie. Duri-duri tajam di tanda tangan beliau, memiliki arti yang sama dengan milik Habibie. Tulisan Jokowi yang bertingkat memiliki arti yang sama dengan tulisan SB di tanda tangan SBY. Lingkaran besar di bagian Jokowi juga menunjukkan kehati-hatian dalam mengambil keputusan.

Seperti diketahui, acara silaturahmi tersebut juga dijadikan Kepala Negara untuk pertama kali menyebut nama dosen pembimbing skripsi beliau saat dahulu menempuh perkuliahan. Bukan itu saja, Jokowi juga menyebut teman seangkatannya yang paling nakal, serta ada 9 perempuan yang ada di angkatan semasa kuliah 37 tahun silam.

 (Baca Juga: Lima "Keusilan" Presiden Jokowi, Nomor 3 Paling Niat

Serta masih banyak lagi kenangan-kenangan Jokowi semasa menempuh pendidikan di Fakultas Kehutanan UGM. Bersama rekan-rekan seangkatannya dulu, Presiden Jokowi ingin sekali bekerja di Perum Perhutani. Namun, saat itu beliau gagal dan tidak berhasil diterima menjadi pegawai di Perum Perhutani.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini