Share

Waspada, BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Melanda Jelang Natal dan Tahun Baru

Taufik Fajar, Okezone · Senin 18 Desember 2017 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 18 337 1832120 waspada-bmkg-prediksi-cuaca-ekstrem-melanda-jelang-natal-dan-tahun-baru-jM4Ydi5oPB.jpg BMKG (Foto: Taufik Fajar)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi cuaca ekstrem berupa hujan lebat menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 di Indonesia. Hujan lebat berpotensi terjadi, karena suplai massa udara lembab dari Asia sangat intensif.

"Jadi, karena itulah penyebab utama tingginya potensi hujan lebat di wilayah Indonesia tersebut," ujar Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati kepada wartawan di Kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2017).

Selain potensi hujan lebat, lanjut Dwikorita, potensi angin kencang 20 Knot juga berpotensi terjadi pada wilayah di Indonesia meliputi laut Cina Selatan, laut Natuna, laut Jawa, laut Banda, Samudera Hindia Selatan, Jawa Tengah-NTB.

(Baca Juga: Kata LAPAN Soal Perubahan Cuaca Ekstrem di Indonesia)

"Jadi, kami mengimbau kepada masyarakat agar waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah yang berpotensi hujan lebat terutama daerah rawan banjir dan longsor," ujarnya.

Beberapa wilayah di Indonesia akan terkena hujan lebat menjelang Natal diprediksi Aceh bagian barat, pesisir selatan Sumatera, Banten, pesisir Utara Jawa, Sulawesi Selatan, NTB dan sebagain NTT. Selain itu, hujan lebat periode Natal yaitu pesisir selatan Sumatera Utara dan barat, NTB, NTT, Sulawesi Tengah dan Papua bagian tengah.

"Sedangkan hujan lebat menjelang tahun baru 2018, terjadi di wilayah pesisir utara Jawa, Jateng, Jatim, Kaltara, Sulteng, NTT. Dan hujan lebat pada awal tahun terjadi di wilayah, Aceh, pesisir barat Sumatera, Jateng, Yogyakarta, Kaltim, Kaltara, Sulteng, NTT," katanya.

Sekadar diketahui, cuaca ekstrem belakangan ini melanda kawasan Indonesia. Mulai dari siklon tropis Cempaka hingga siklon tropis Dahlia. Ekstremnya cuaca yang melanda membuat sejumlah wilayah mengalami banjir bandang dan longsor, seperti yang terjadi di Pacitan, Jawa Timur.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini