nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bagaimana Aktivitas Gunung Papandayan, Guntur, Sindoro dan Guntur Pascagempa Tasik?

Apriyadi Hidayat, Jurnalis · Sabtu 16 Desember 2017 13:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 16 337 1831321 bagaimana-aktivitas-gunung-papandayan-guntur-sindoro-dan-guntur-pascagempa-tasik-s6DspEsCBY.jpg Ruangan RSUD Banyumas, Jawa Tengah mengalami kerusakan akibat gempa (Antara)

DEPOK – Gempa 6,9 skala Richter yang berpusat di Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat malam tadi, getarannya sampai di empat gunung api di Pulau Jawa. Adalah Gunung Galunggung di Tasikmalaya, Gunung Sindoro di Jawa Tengah, Gunung Papandayan dan Gunung Guntur di Garut.

Kepala Sub Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Wilayah Barat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kemementerian ESDM, Akhmad Solikhin, mengatakan, empat pos Pengamatan Gunung Api (PGA) itu ikut merasakan gempa yang terjadi pukul 23.47 WIB tadi malam.

"Guncangan gempa bumi dirasakan di pos PGA Galunggung, Papandayan, Guntur hingga Sundoro dengan intensitas III - IV MMI (Modified Mercalli Intensity),” kata Solikhin kepada Okezone, Sabtu (16/12/2017).

Lalu bagaimana aktivitas keempat gunung api tersebut pascagempa berpusat di Tasikmalaya?

“Hingga saat ini, belum ada laporan perubahan atau peningkatan aktivitas gunung api yang dipicu oleh gempa bumi ini," lanjut dia.

Solikhin menjelaskan, jika dilihat dari lokasi pusat gempa bumi, bencana alam tersebut berada pada lajur kegempaan di zona subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

"Dari kedalamannya dapat dikategorikan sebagai gempa bumi berkedalaman menengah dan magnitudonya cukup besar sehingga dampaknya atau guncangannya akan dirasakan meluas bahkan hingga ke Jakarta dan Bali," ujarnya.

Gempa Tasikmalaya, menurut dia, berbeda dengan gempa 6,5 SR yang mengguncang Pidie Jaya, Aceh pada 7 Desember 2016 yang menewaskan lebih 100 orang dan merobohkan banyak bangunan.

"Gempa Pidie Jaya dibangkitkan oleh aktivitas sesar atau patahan dengan kedalaman sumber yang dangkal. Dampak kerusakan pada gempa semalam tapi dari informasi sementara diketahui ada banyak kerusakan di beberapa daerah hingga ada juga korban jiwa dan luka-luka," tandasnya.

 

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini