Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi

Agregasi Antara, · Jum'at 15 Desember 2017 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 15 337 1830761 presiden-jokowi-tinjau-pembangunan-waduk-sukamahi-dan-ciawi-66iyDVl9ba.JPG Presiden RI, Joko Widodo (Foto: Antara)

BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meninjau pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jokowi mengatakan pembangunan kedua waduk ini untuk menyelesaikan masalah banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya.

"Ya, ini kan kita ingin juga menyelesaikan masalah banjir di Jakarta. Kita bekerja ini di hulunya. Jadi yang mau kita kerjakan sekarang adalah Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi," kata Presiden kepada awak media usai meninjau pembangunan Waduk Sukamahi, Jumat (15/12/2017).

Ia menjelaskan, progres pembangunan kedua waduk sudah dimulai dan pembebasan lahan sudah mencapai dua persen. "Kita harapkan nanti 2019 pertengahan sudah selesai," kata Presiden.

(Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Rel Ganda Sukabumi-Bogor)

Dirinya berharap dengan dua waduk ini akan ada pengurangan jumlah air yang masuk ke Jakarta sekitar 30 persen yang berarti mengurangi banjir di Jakarta itu juga sebesar 30 persen.

"Oleh sebab itu hulu dan hilir semuanya harus dikerjakan. Hulunya sudah, untuk Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi," kata sang kepala negara.

Terkait pembiayaan pembangunan kedua waduk yang mencapai Rp1,1 triliun, kata Jokowi, keseluruhannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Tekan Tombol, Presiden Jokowi Resmikan Tol Soroja Sepanjang 10,5 KM

(Baca juga: Presiden Jokowi Jamu Makan Siang Panglima dan Kepala Staf TNI di Istana Bogor)

"Dulu memang sempat ini kita anggarkan di provinsi (DKI Jakarta), tapi sekarang semuanya dikerjakan oleh APBN. Di sini (Sukamahi) Rp400 miliar, di Ciawi Rp700 miliar," ungkapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku akan terus mengikuti progres pembangunan kedua waduk tersebut. "Ya progresnya, perkembangannya bagus. Saya ikuti terus kok," timpalnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini