3 Pilkada di Pulau Jawa Dianggap Jadi Kunci Kemenangan Pilpres 2019

Taufik Fajar, Okezone · Jum'at 15 Desember 2017 07:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 15 337 1830661 3-pilkada-di-pulau-jawa-dianggap-jadi-kunci-kemenangan-pilpres-2019-6Rpn79bns9.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

JAKARTA - Pengamat Politik Syahroni mengatakan dalam dunia politik di Indonesia, pulau Jawa adalah kunci sukses untuk dapat meraih kemenangan di pemilihan presiden. Siapa pun partai Politik yang bisa menang Pilkada di Pulau Jawa, maka kemungkinan besar akan memenang di tingkat nasional.

"Tiga Pilkada di Jawa bisa dikatakan adalah babak penentuan, di mana dalam dua Pilkada sebelumnya, yakni di Jakarta dan Banten, PDIP mengalami kekalahan," ujar Syahroni kepada Okezone, Jumat (15/12/2017).

(Baca Juga: Dukung Ganjar Pranowo di Pilgub Jawa Tengah, Ini Mahar PAN Kepada PDIP)

Daerah lain yang dimaksud Syahroni tak lain adalah Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Timur yang akan menggelar pilkada serentak pada 2018.

Ia menjelaskan, bahwa PDI Perjuangan adalah partai yang mengusung Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Pilpres 2014. Maka kekalahan partai berlambang banteng di dua Pilkada tersebut, bisa berimbas pada peluang Jokowi di Pilpres 2019.

"Oleh karena itu, tiga Pilkada nantinya, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur adalah kunci bagi PDI Perjuangan," tuturnya.

(Baca Juga: Demokrat: AHY Akan Jadi Juru Kampanye Khofifah-Emil di Pilkada Jatim)

Selain itu, lanjut Syahroni, baik kubu Jokowi maupun Prabowo Subianto melalui Partai Gerindra, harus bisa merebut suara sebesar-besarnya untuk membuka peluang kemenangan di Pilpres 2019. Dan kubu mana pun yang berhasil meraih suara terbanyak, maka akan berpeluang menang di Pilpres 2019.

"Jadi tiga Pilkada Jawa inilah adalah the real fight menuju Pilpres 2019," pungkasnya

(Baca Juga: Sudrajat: Saya Yakin Tidak Akan Sendirian)

Sebagaimana diketahui, dalam gelaran Pilgub Jawa Timur pasangan Gus Ipul-Azwar Anas akan bersaing sengit melawan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. Sementara Ganjar Pranowo selaku petahana di Jawa Tengah, bakal ditantang mantan Menteri ESDM Sudirman Said yang resmi akan diusung Partai Gerindra.

Dan untuk Jawa Barat yang memiliki Daftar Jumlah Pemilih (DPT) 32.809.057 suara, akan bersaing sengit antara Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu, Ridwan Kamil yang belum menentukan siapa pasangannya, serta Mayjen TNI (Purn) Sudrajat yang diusung Gerindra.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini