nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dalam Sidang Pleidoi, Andi Narogong Bantah 'Guyur' Ganjar Pranowo

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 14 Desember 2017 20:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 14 337 1830513 dalam-sidang-pledoi-andi-narogong-bantah-guyur-ganjar-pranowo-13LK4CA7MT.jpg Kuasa hukum Andi Narogong, Dorel saat membacakan pledoi di Tipikor (foto: Arie/Okezone)

JAKARTA - Terdakwa kasus korupsi e-KTP, Andi Narogong membantah pernah memberikan uang kepada Ganjar Pranowo saat Gubernur Jawa Tengah itu masih menjabat Wakil Ketua Komisi II DPR.

Keterangan Andi dalam pleidoinya ini sekaligus membantah klaim Nazaruddin yang mengaku menjadi saksi mata penyerahan uang tersebut.

"Keterangan saksi Muhammad Nazaruddin bahwa terdakwa pernah memberikan uang kepada Ganjar Pranowo di ruang saksi Mustokoweni adalah tidak benar, dan tidak cukup bukti menurut hukum karena hanya kesaksian yang berdiri sendiri yang justru dibantah oleh saksi Ganjar Pranowo,” kata kuasa hukum Andi Narogong, Dorel Almir, saat membacakan pledoi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (14/12/2017).

(Baca juga: Andi Narogong Mengaku Korupsi E-KTP, "Ini Teguran Tuhan Lewat Tangan KPK")

Dorel melanjutkan, keterangan Nazaruddin tersebut juga tidak berdasar karena tidak bisa dikonfirmasi kepada Mustokoweni.

“Karena yang bersangkutan (Mustokoweni) sudah meninggal dunia jauh sebelum sidang ini dilakukan,” ujar Dorel.

Seperti diketahui, Mustokoweni sudah meninggal dunia pada 18 Juni 2010 atau tiga bulan sebelum klaim Nazaruddin tersebut.

(Baca juga: Andi Narogong Ogah Disebut Orang Dekat Setya Novanto)

Pada persidangan 30 November 2017, Andi juga membantah pernah bertemu Nazaruddin. Bahkan, Andi mengatakan tidak pernah mengenal mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu.

"Saya tak kenal Nazaruddin," kata Andi Narogong kala itu.  

Andi juga membantah pernah membawa uang ke ruang Mustokoweni. "Tidak benar (bawa uang), yang benar bahwa saya bawa kaos partai," ucap Andi.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini