nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Yerusalem, ICMI Kecam Sikap AS dan Arab Saudi

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Kamis 14 Desember 2017 01:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 14 337 1830033 soal-yerusalem-icmi-kecam-sikap-as-dan-arab-saudi-qVV0roreXi.jpg Ketua ICMI Jimly Asshiddiqie. (Dok Okezone)

JAKARTA – Pasca-Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) menegaskan Negara Adidaya telah gagal memberikan harapan dan solusi bagi dunia. ICMI pun mengecam kebijakan AS tersebut.

"Kami tegas. Kami mengecam dan mengutuk keras. Itu membutkikan Amerika Serikat gagal menempatkan diri sebagai negara yang memberi harapan dan solusi. Sayang sekali mereka tak tampil dengan solusi," kata Ketua ICMI, Jimly Asshiddiqie di Gedung ICMI, Jalan Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2017).

Selain itu, Jimly menyesalkan sikap Arab Saudi yang membuka ruang diplomasi dengan Israel. Hal itu dinilai dilatarbelakangi Arab Saudi hanya ingin menunjukkan permusuhan dengan Iran.

"Jadi yang kedua kami menyesalkan, sikap Saudi Arabia. Hanya karena ingin menampilkan permusuhan dengan Iran dan anti-Syiah, secara sepihak mereka mmebuka hubungan diplomatik dnh Israel tanpa melihat roadmap penyelesaian masalah yang terbengkalai di Palestina yang tak selesai-selesai," bebernya.

(Baca Juga: Soal Yerusalem, Din Syamsuddin: Harus Ada Pemboikotan Global)

Sikap inilah yang dimanfaatkan oleh Amerika Serikat. Pasalnya, sikap Arab Saudi dinilai malah melemahkan dunia Islam.

"Inilah yang dimanfaatkan Donald Trump. Memperlemah posisi dunia Islam sendiri," tutupnya.

(Baca Juga: Soal Yerusalem, ICMI: Tak Perlu Demo, Itu Ekspresi Orang Marah)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini