nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fit and Proper Test, Hadi Tjahjanto Diantar Panglima TNI Gatot Nurmantyo ke DPR

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 06 Desember 2017 10:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 06 337 1825918 fit-and-proper-test-hadi-tjahjanto-diantar-panglima-tni-gatot-nurmantyo-ke-dpr-k7wq8ryJIL.jpg Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengantar KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto menjalani fit and proper test di DPR. (Foto: Putera N/Okezone)

JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto mengaku siap menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Panglima TNI di Komisi I DPR RI, hari ini, Rabu (6/12/2017).

"Ini penting sekali, sangat penting," kata Hadi di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Hadi menyebut bahwa dirinya telah mempersiapkan diri menghadapi seluruh pertanyaan anggota Komisi I DPR RI. Dia juga meminta doa kepada para seniornya di jajaran perwira tinggi TNI yang ikut mengantar agar diberikan kelancaran.

"Tolong doakan saya nanti melaksanakan fit and proper test semuanya berjalan lancar," pinta Hadi.

(Baca juga: Hadi Tjahjanto Diusulkan Jadi Panglima TNI, Pengamat: Banyak 'PR' yang Harus Diselesaikan)

Hadi sendiri tiba di Gedung DPR sekira pukul 09.15 WIB. Kedatangan Hadi langsung diantar Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo beserta Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono dan KSAL Laksamana TNI Ade Supandi.

KSAU Hadi Tjahjanto Hadiri Acara Persiapan Pemeriksaan LKPP di Istana Kepresidenan Bogor

Sementara itu, Gatot menyebut bahwa alasannya mengantar Hadi ke Gedung DPR sebagai bentuk dukungan satu sama lain di TNI.

"Saya sebagai Panglima merupakan kebanggaan bahwa Presiden memilih di antara KSAD, KSAL, KSAU. Maka pantasnya saya nengantar ke sini sebagai pertanda bahwa begitu sudah disetujui kemudian dilantik maka saya dengan tulus ikhlas tongkat saya berikan kepada pak Hadi dan saya siap mendampingi," tutup Gatot.

Diketahui, Marsekal Hadi Tjahjanto akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Panglima TNI di Komisi I DPR RI hari ini. Tes ini dilakukan usai Komisi I DPR menggelar rapat internal setelah surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dibacakan dalam Rapat Paripurna. Tes kelayakan dan kepatutan diagendakan berlangsung pukul 10.00 WIB di Ruang Rapat Komisi I DPR RI.

Hadi Tjahjanto sendiri resmi ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang memasuki masa pensiun pada Maret 2018. Penunjukan Hadi sebagai calon Panglima TNI sendiri melalui penyerahan surat yang diserahkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon pada Senin 4 Desember.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini