nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gatot Nurmantyo: Pak Hadi Cocok Jadi Panglima TNI di Tahun Politik

Reni Lestari, Jurnalis · Selasa 05 Desember 2017 11:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 05 337 1825324 gatot-nurmantyo-pak-hadi-cocok-jadi-panglima-tni-di-tahun-politik-5GyYhctBn8.jpg Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (foto: Antara)

BOGOR - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengapresiasi penunjukkan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi calon tunggal pengganti dirinya.

Gatot mengatakan, tantangan Panglima TNI ke depan adalah menghadapi tahun politik yang akan segera menjelang dan menurutnya Hadi adalah sosok yang tepat untuk menjawab tantangan tersebut.

(Baca Juga: Hadi Tjahjanto Akan Jadi Panglima TNI, Kapolri Siap Bekerjasama)

"Pak Hadi cocok untuk jadi Panglima TNI dalam tahun politik, itu harus sama-sama kita yakini," kata Gatot di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (5/12/2017).

Ia melanjutkan, dari tiga kepala staf angkatan yang ada, hanya Hadi yang memenuhi syarat berkaitan dengan batas masa pensiun. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi akan pensiun pada Mei 2018 dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono pada Januari 2019.

Sementara Hadi baru akan memasuki masa pensiun pada 2020 mendatang, sehingga bisa mengawal tahun politik 2018 dan 2019.

Menyusul penunjukan Hadi sebagai Panglima TNI dan pengajuan secara resmi ke parlemen, Komisi I DPR segera menggelar uji kepatutan dan kelayakan, esok Rabu 6 Desember 2017.

Gatot mengatakan, pelantikan Hadi menjadi Panglima TNI usai melalui uji kepatutan dan kelayakan tak perlu menunggu Maret 2018 saat dirinya pensiun. Gatot berharap maksimal satu minggu usai proses tersebut, ia sudah bisa melepaskan jabatan tersebut.

"Hanya tinggal satu langkah Kepres saja. Saya kerja ju pakewuh, pak Hadi juga gimana, lebih baik efektif saja, begitu selesai, mungkin satu minggu, lima hari, saya pamitan," katanya.

(Baca Juga: Terkait Calon Panglima TNI, Fraksi Hanura: KSAU Berpengalaman di Daerah Terpencil)

Tantangan yang nyata di depan mata bagi Hadi adalah pelaksanaan Pilkada serentak 2018 yang diikuti 171 daerah. Karena menjadi pintu masuk untuk Pemilu serentak 2019, Pilkada 2018 harus diantisipasi dengan baik.

"Ada 171 (daerah), dan semua benar-benar berjuang, karena yang menentukan kepala daerah ini juga modal untuk Pileg dan Pilpres, agak keras, ini yang perlu diantisipasi betul," ujar Gatot.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini