Terkait Calon Panglima TNI, Fraksi Hanura: KSAU Berpengalaman di Daerah Terpencil

Bayu Septianto, Okezone · Selasa 05 Desember 2017 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 05 337 1825316 terkait-panglima-tni-baru-fraksi-hanura-ksau-berpangalaman-di-daerah-terpencil-p5oBZqqLDR.jpg (dok. Antara)

JAKARTA - Fraksi Partai Hanura mendukung langkah yang diambil Presiden Joko Widodo yang memilih Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI guna menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan memasuki masa pensiun.

"Hanura jelas, fraksi pendukung pemerintah yang konsisten dan istiqomah. Kita sejalan dengan presiden. Presiden sudah sampaikan surat resmi," jelas Sekretaris Fraksi Hanura, Dadang Rusdiana di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (5/12/2017).

Dadang menambahkan, keputusan Presiden Jokowi yang menunjuk Hadi Tjahjanto sebagai calon panglima TNI merupakan tradisi yang baik dalam kepemimpinan TNI yang tak hanya berasal dari satu matra saja.

"Sekarang giliran Angkatan Udara, ini positif sekali," tuturnya.

(Baca Juga: Besok, Hadi Tjahjanto Jalani Uji Kelayakan sebagai Calon Panglima TNI)

Dadang pun menilai Hadi Tjahjanto memiliki pengalaman yang memadai di TNI. "Trackrecordnya dia berpengalaman di lapangan (Daerah -red) terkecil sampai jadi KSAU, cukup memadai," tukas Dadang.

Sementara, Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanudin tetap mengingatkan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto harus menyiapkan diri menghadapi uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Terkait materi pertanyaan yang akan diajukan, menurut Tubagus, hal tersebut akan dibebaskan kepada setiap anggota Komisi I DPR.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini