Dipilih Jokowi Jadi Calon Panglima TNI, Hadi Tjahjanto: Mohon Doanya

Reni Lestari, Okezone · Selasa 05 Desember 2017 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 05 337 1825315 dipilih-jokowi-jadi-calon-panglima-tni-hadi-tjahjanto-mohon-doanya-EEKqOcHElN.jpg Presiden Jokowi (kanan) saat melantik Marsekal Hadi Tjahjanto jadi Kasau (Antara)

BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon tunggal Panglima TNI. Namun, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) ini enggan mengomentari penunjukannya sebagai calon pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Nanti saja ya, tak dongengi panjang," kata Hadi saat ditanyai wartawan seputar dirinya jadi calon Panglima TNI di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/12/2017).

Hadi berkilah soal penunjukannya sebagai calon Panglima TNI sudah dijelaskan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. "Kan sudah dijelaskan Pak Pratikno. Mohon doanya," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku memilih Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI karena mantan Irjen Kementerian Pertahanan itu dianggap mampu.

"Saya meyakini beliau memiliki kemampuan dan kepemimpinan yang kuat dan bisa membawa TNI ke arah yang lebih profesional sesuai jati dirinya, yaitu sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional," ujar Jokowi usai meresmikan Tol Soreang-Pasir Koja di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Setelah kemarin namanya diajukan ke DPR sebagai calon Panglima TNI, Hadi Tjahjanto hari ini hadir di Istana Kepresidenan Bogor.

Hadi ikut menjadi peserta dalam acara persiapan pemeriksaan laporan keuangan pemerintah pusat tahun 2017 dan institusi keuangan lainnya. Acara ini dihadiri Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Moewardi Soerja Djanegara berserta para menteri kabinet kerja dan pimpinan lembaga negara.

Menyusul penunjukan Hadi sebagai Panglima TNI dan pengajuan secara resmi ke parlemen, Komisi I DPR akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan, esok Rabu 6 Desember 2017.

Jika lolos uji kepatutan dan kelayakan oleh DPR, Hadi akan meneruskan kepemimpinan Gatot yang akan memasuki masa pensiunnya Maret 2018.

 

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini