nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BNPB Sebut Siklon Cempaka Sudah Menipis di Selatan Jawa

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 29 November 2017 18:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 29 337 1822712 bnpb-sebut-siklon-cempaka-sudah-menipis-di-selatan-jawa-ECj2rj5R5k.jpg Kepala BNPB Willem Rampangile (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memantau lahirnya siklon (badai) tropis Cempaka pada selatan pulau Jawa mulai menipis.

Kepala BNPB Willem Rampangile mengatakan bahwa saat ini siklon Cempaka sudah tampak mulai mengecil. Akan tetapi pihaknya akan tetap mengantisipasi guna menghadapi segala kemungkinan bencana yang akan datang lainnya.

“BMKG sudah menjelaskan bahwa untuk cempaka ini kan sudah mulai mengecil kekuatannya dan sudah mulai menjauh jadi sudah mulai tak mengkhawatirkan,” kata Willem di Menko PMK, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2017).

Willem juga mengatakan bahwa tadi bersama BMKG juga melakukan pembicaraan mengenai kemungkinan lahirnya siklon baru dan sudah bersiap mengantisipasi guna datangnya bencana dampak dari datangnya siklon.

“Kita sudah melakukan langkah antisipasi. Kalau kita menghadapi bencana, itu info pendahuluan. Setelah itu dianalisa dan bagaimana kita menyiapkan masyarakat, pemda, peralatan logistik, konsep operasi, evakuasi ke mana, jalannya, komunikasi seperti itu,” tuturnya.

Mengenai titik yang harus diwaspadai, Willem menyatakan semua titik harus di waspadai dikarenakan hampir separuh provinsi rawan terjadi banjir dan longsor untuk tahun ini.

“Itu luas sekali hampir di Jawa ada, Bali, Sumatera, Kalimantan dan banyak sekali. hampir separuh dari provinsi rawan terjadi banjir dan longsor untuk tahun ini,” paparnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini