nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Layaknya Pemilih, Semua Parpol Harus Diverifikasi Menjelang Pemilu

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 29 November 2017 17:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 29 337 1822639

JAKARTA – Direktur Eksekutif Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) Said Salahudin menjadi saksi ahli dari Perindo dalam sidang lanjutan uji mater Pasal 173 Undang-Undang Pemilihan Umum UU nomor 7 tahun 2017 mengenai Pemilihan Umum.

Pada saat memberikan keterangan di depan majelis hakim, ia meminta agar proses verifikasi partai politik (parpol) dilakukan untuk semua parpol.

“Seperti WNI yang ingin menjadi pemilih dalam pemilu, kan setiap menjelang pemilu negara melalui aparaturnya melakukan pembaruan data melalui proses verifikasi baik administratif maupun faktual. Yang di mana hal itu dilakukan untuk memastikan data dan keberadaan calon pemilih, seperti kita kenal sebagai verifikasi administrtatif dan faktual,” kata Said di ruang sidang MK, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2017).

Oleh karena itu, ia memandang seharusnya proses verifikasi kepada semua parpol yang akan menjadi peserta pemilu juga dilakukan setiap lima tahun sekali atau menjelang pemilu bergulir.

“Kenapa tidak dibuat persyaratan verifikasi parpol seperti verifikasi pemilih. Bila mengacu pada pemilu 2014 sudah selesai, dan enggak bisa lagi. Dokumen persyratan itu juga kan tidak permanen harus diperbarui,” jelasnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini