nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapolri Jamin Proses Hukum Viktor Laiskodat Jalan Terus

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 29 November 2017 15:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 29 337 1822578 kapolri-jamin-proses-hukum-viktor-laiskodat-jalan-terus-7uVVZiBXSq.jpg Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Foto: Ant)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan mengecek langsung untuk memastikan kasus ujaran kebencian bernada SARA yang dilakukan politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Viktor Laiskodat tidak dihentikan.

"Kasus Viktor bukan tidak jalan, sudah jalan dari Oktober. Saya sudah cek langsung, sudah diperiksa, sudah gelar perkara," katanya di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (29/11/2017).

Dalam penanganan kasus ini, kata Tito, jajarannya sudah memeriksa 30 saksi. Hanya saja, kasusnya terganjal masalah intrepretasi bahasa.

"Ini kan soal bahasa. Bahasa itu intrepretatif, apalagi menggunakan bahasa lokal di antaranya," tuturnya.

(Baca Juga: Polri Tunggu Pergerakan MKD Tindaklanjuti Kasus Dugaan Ujaran Kebencian Victor Laiskodat)

Tito menambahkan, dalam penggunaan bahasa daerah dapat ditafsirkan berbeda oleh masyarakat yang memiliki budaya yang lain. Termasuk ungkapan beberapa partai yang disebut mendukung didirikannya khilafah.

"Bisa pihak lain merasa tidak nyaman dan menganggap itu sebagai dugaan pidana. Ini pembuktian teknis," tegasnya.

Belum lagi, sambung Tito, Viktor memiliki hak imun yang diatur dalam Pasal 224 Ayat (1) Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3), bahwa setiap anggota DPR memiliki hak imunitas.

"Dia bebas dari dugaan tuduhan hukum, proses hukum sepanjang dia menyampaikan pendapat atau pandangannya dalam tugasnya sebagai anggota DPR di sidang atau di luar sidang," ujarnya.

(Baca Juga: Koordinasi ke DPR, Polri Minta MKD Sidang Viktor Laiskodat)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini