nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sidang Lanjutan Gugatan UU Pemilu, Partai Perindo Hadirkan Tiga Saksi

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 29 November 2017 09:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 29 337 1822394 sidang-lanjutan-gugatan-uu-pemilu-partai-perindo-hadirkan-tiga-saksi-Oy9mx2fpud.jpg Sidang gugatan UU Pemilu di MK. (Foto: Harits Tryan Akhmad/Okezone)

JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang lanjutan gugatan judicial review Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 Pasal 173 mengenai Verifikasi Partai Politik dengan nomor registrasi 53,60,62,67,73/PUU-XV/2017. Agenda hari ini pun mendengarkan keterangan ahli/saksi dari pemohon yakni Partai Perindo.

Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Perindo Ricky Margono mengatakan, dalam sidang lanjutan kali ini pihaknya menghadirkan dua saksi ahli dan satu saksi fakta. Mereka masing-masing akan memberikan keterangan di depan majelis hakim.

(Baca: Jika MK Kabulkan Gugatan Verifikasi Faktual, Semua Parpol Akan Setara)

"Kita hadirkan dua orang saksi ahli yakni Said Salahudin sebagai ahli pemilu dan Profesor Yuliandri sebagai ahli perundang-undangan. Sementara saksi fakta yakni Bapak Wibowo yang merupakan mantan sekjen PBB," kata Ricky kepada Okezone di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2017).

Ia pun berharap nantinya dengan saksi yang sudah dihadirkan, MK dapat membatalkan Pasal 173 Ayat (3) mengenai verifikasi parpol yang hanya diberlakukan kepada partai peserta Pemilu 2019 dan tidak berlaku terhadap parpol peserta Pemilu 2014.

(Baca: Perindo Berencana Kembali Minta Hakim MK Percepat Sidang Gugatan Verifikasi Parpol dalam UU Pemilu)

"Terkait verifikasi parpol yang di mana partai peserta Pemilu 2014 tidak perlu verifikasi kita minta untuk dilakukan dibatalkan," tuturnya.

Saat ini sidang baru saja dimulai dan kali ini dipimpin Hakim Anwar Usman. "Sidang pagi ini kita mulai dan terbuka untuk umum," ucap Hakim Anwar di ruang sidang MK.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini