Gerindra Harap BIN Bertransformasi Cegah Kejahatan 'Zaman Now'

Arief Setyadi , Okezone · Senin 27 November 2017 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 27 337 1821619 gerindra-harap-bin-bertransformasi-cegah-kejahatan-zaman-now-RwSQkjamed.jpg Wasekjen Gerindra Andre Rosiade (tengah) (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dunia kejahatan semakin mengalami kemajuan, dari sebelumnya bersifat konvensional kini sudah merambah ke teknologi sejalan dengan perkembangan zaman. Badan Intelijen Negara (BIN) pun diharapkan mampu bertranformasi dalam memonitoring tindak tanduk para penjahat kekinian.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Andre Rosiade, Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan dapat melakukan pembenahan berupa transformasi dari human intelijen ke intelijen berbasis teknologi.

"Kami minta Kepala BIN, Jenderal Budi Gunawan juga melakukan transformasi kinerja, dari sebelumnya mengandalkan human intelijen ke digital technologi intelijen," kata Andre dalam siaran persnya, Senin (27/11/2017).

Andre menambahkan, pendekatan konvensional dirasa kurang cocok diterapkan pada 'zaman now' menyusul kemajuan teknologi informasi. Ia menilai pengumpulan informasi dalam rangka pencegahan, penangkalan dan penanggulangan setiap ancaman terhadap keamanan nasional harus dibarengi dengan perubahan metodologi.

"Tidak bisa lagi melakukan pengintaian dengan pengamatan konvensional, misalnya personel harus terjun langsung mendekat. Namun, memadukan antara konvensional dengan teknologi," ujarnya.

Andre tak memungkiri bahwa BIN memiliki kontribusi besar, terlebih di bawah kepemimpinan Budi Gunawan. Bahkan, mantan Wakapolri itu juga tak menggunakan institusinya untuk kepentingan pribadi maupun kelompok, apalagi untuk pemilu.

Selain itu, kinerja BIN pun disokong oleh DPR melalui kucuran anggaran yang memadai. "Seandainya transformasi BIN berhasil, maka akan menjadikan BIN sebagai lembaga yang canggih di Republik ini," pungkas Andre.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini