Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Menhub Cek Uji Kelayakan Bus di Ancol

ant, · Sabtu 25 November 2017 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 25 337 1820478 jelang-libur-natal-dan-tahun-baru-menhub-cek-uji-kelayakan-bus-di-ancol-GoMS9TCi1s.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya. Foto: Antara

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pemeriksaan kelayakan kendaraan (ramp check) pada bus menjelang Hari Raya Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 untuk menjamin keselamatan penumpang.

Dalam peninjauannya di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (25/11/2017), Menhub menjelaskan kecelakaan menduduki nomor satu sebagai penyebab kematian di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Dengan melakukan uji kelayakan angkutan bus, potensi kecelakaan bisa ditekan hingga 30 persen.

"Tahun 2016-2017 kita sudah berupaya dan perbaikannya tinggi sekali, kurang lebih bisa mengurangi 20 sampai 30 persen kecelakaan terutama saat Lebaran kemarin. Kita ingin konsisten dengan ramp check hari ini supaya bisa turun lagi 30 persen," kata Budi.

Saat meninjau bus pariwisata, Menhub Budi Karya bahkan masuk ke kolong bus untuk memastikan kondisi kendaraan tersebut laik dioperasikan.

Kendaraan yang dinyatakan lolos dan layak untuk beroperasi, akan ditempeli stiker berlogo Kementerian Perhubungan di jendela kaca depan sebelah kiri.

Adapun pada pemeriksaan ramp check hari ini, ada 25 bus yang siap diuji, delapan di antaranya sudah dilakukan ramp check, dan empat bus dinyatakan tidak layak karena masa berlaku perizinan operasi sudah habis sehingga harus diperbarui.

Menteri Budi berharap penggunaan transportasi massal pada musim libur Natal 2017 dan Tahun Baru dapat meningkat sehingga tidak menimbulkan kemacetan perjalanan antarkota.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini