nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usut Kasus Viktor Laiskodat, Polri: Kami Perlu Memeriksa Lagi Saksi Ahli

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 24 November 2017 13:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 24 337 1819820 usut-kasus-viktor-laiskodat-polri-kami-perlu-memeriksa-lagi-saksi-ahli-nxrAx2UAQS.jpg Karopenmas Polri Brigjen Rikwanto (Ferio/Okezone)

JAKARTA - Mabes Polri menyatakan masih terus mengusut kasus ujaran kebencian bernuansa SARA yang diduga dilakukan politikus Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Victor Laiskodat. Mereka masih memerlukan keterangan saksi.

Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengatakan, penyidik Polri masih membutuhkan keterangan ahli tata bahasa untuk mendalami apakah memang pidato Viktor mengandung unsur-unsur ujaran kebencian bernuansa SARA atau tidak.

"Kami juga perlu memeriksa lagi para saksi ahli diambil keterangannya untuk menjelaskan secara bahasa. Bahasa yang digunakan pada waktu itu apakah cukup mengandung unsur-unsur sesuai yang dilaporkan," ujar Rikwanto usai sertijab di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (24/11/2017).

Viktor berpidato di Kupang, Nusa Tenggara Timur, pada Selasa 1 Agustus 2017 lalu. Dalam penyampaiannya, ucapan Viktor dianggap meresahkan dan dinilai kurang pantas untuk disampaikan ke masyarakat.

Rikwanto menekankan bahwa hingga saat ini jajarannya masih terus menyelidiki kasus ini. Dia menampik Bareskrim telah menghentikan perkara yang bermula dilaporkan oleh sejumlah partai politik ini.

"Yang masalah saudara Viktor laiskodat kami sudah menjalankan fungsi penyelidikan," ujar dia.

Sejauh ini, Rikwanto menyebut demi mengungkap kasus ini, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap 20 saksi. Namun, hal itu masih dirasa kurang.

"Sudah memeriksa hampir 20 saksi di TKP namun masih ada lagi yang perlu diambil keterangannya dalam kaitan yang dikatakan oleh saudara Viktor Laiskodat," tutup dia.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini