nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali 5 Jenis Hutan di Indonesia

Ahmad Sahroji, Jurnalis · Sabtu 18 November 2017 05:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 17 337 1816107 kenali-5-jenis-hutan-di-indonesia-rPsDew58IM.jpg Ilustrasi (Foto: IST)

JAKARTA - Berdasarkan data Direktorat Jendral Planologi Kehutanan, Kementerian Kehutanan (Kemenhut) pada November 2010, luas seluruh hutan di Indonesia adalah 133.300.543,98 hektare.

Sedangkan provinsi dengan hutan terluas dipegang oleh 6 wilayah yakni Provinsi Papua dan Papua Barat dengan luas mencapai 40,5 juta ha, kedua Kalimantang Tengah 15,3 ha, Kalimantan Timur 14,6 ha, Riau 9,4 juta ha, Kalimantan Barat 9,1 juta ha, dan terakhir Maluku dan Maluku Barat dengan 7,1 juta ha.

Di Indonesia sendiri terdapat 5 jenis hutan dengan segala ciri khas ekosistem di dalamnya, berikut informasinya.

1. Hutan Bakau

 

Hutan bakau tumbuh di pantai-pantai landai dan berlumpur yang terkena pasang surut. Hutan bakau sangat penting karena menjadi tempat bagi berbagai jenis ikan dan udang.

2. Hutan Rawa

Hutan rawa meliputi daerah rawa-rawa dengan berbagai jenis tumbuhan seperti beluntas, pandan, dan ketapang. Jenis hutan ini banyak terdapat di pantai timur Sumatra, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah

3. Hutan Sabana

Sabana adalah padang rumput yang diselingi pepohonan dan banyak terdapat semak belukar. Sabana umumnya dijumpai di Nusa Tenggara.

4. Hutan Musim

Hutan ini dinamai hutan musim karena memiliki perbedaan kondisi pada musim hujan dan kemarau yang cukup mencolok. Tumbuhan yang ada di hutan musim pada musim kewarau biasanya akan meranggas dan pada musim hujan akan tumbuh lebat kembali.

5. Hutan Hujan Tropis

Ini adalah jenis hutan yang paling terkenal di Indonesia yang negara tropis ini. Kepulauan Indonesia yang beriklim tropis banyak memperoleh sinar matahari, memiliki curah hujan yang tinggi, dan temperatur rata-rata tinggi.

(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini