Kemendagri Tegaskan Penghayat Kepercayaan Hanya Ada Satu

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 14 November 2017 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 14 337 1813822 kemendagri-tegaskan-penghayat-kepercayaan-hanya-ada-satu-r8Kvpd3dyA.JPG Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan (Foto: Okezone/Harits T Akhmad)

JAKARTA - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negero (Kemedagri), Zudan Arif Fakrulloh menegaskan bahwa Penghayat Kepercayaan di Indonesia hanya ada satu. Sementara yang 187 itu adalah organisasinya.

“Jadi di Indoensia itu informasi dari Kemendikbud yang namanya penghayat kepercayaan Tuhan yang maha esa itu, satu. Yang 187 itu nama organisasinya,” katanya di gedung Kemendagri, Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2017).

Dia menjelaskan bahwa 187 organisasi mengenai aliran penghayat kepercayaan itu memiliki aliran yang sama. Ia pun mencontohkan beberapa organisasi yang dimaksudnya.

“Seperti yang namanya Sapto Darmo, Marapu, Pangestu itu nama organisaisi. Ada 187, tersebar di 13 Provinsi,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, Kemendagri masih berkoordinasi dan terus melakukan kajian bersama beberapa kementerian terkait lainnya seperti Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) dan pihak terkait guna membahas soal aliran penghayat kepercayaan yang bisa masuk dalam kolom agama pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Kita sedang pembahasan itu dengan Menteri Agama, Mendikbud dan dengan kelompok penghayat kepercayaan,” pungkasnya.

(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini