nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Panglima TNI Masuki Masa Pensiun, Presiden Jokowi Diminta Cermat Cari Pengganti

Badriyanto, Jurnalis · Minggu 12 November 2017 20:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 12 337 1812815 panglima-tni-masuki-masa-pensiun-presiden-jokowi-diminta-cermat-cari-pengganti-GdxPEiffve.jpg Panglima TNI, Gatot Nurmantyo (Foto: Antara)

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018 atau kurang lebih lima bulan lagi. Melihat hal tersebut, Koalisi Masyarakat Sipil menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk cermat memilih Panglima TNI yang baru.

Deputi Direktur Elsam Wahyudi Djafar menjelaskan ada tiga alasan Jokowi harus cermat mencari pengganti Panglima Gatot Nurmantyo. Pertama, dalam UU TNI dijelaskan, pergantian panglima TNI harus disetujui DPR, dengan mempercepat proses itu maka DPR punya banyak punya waktu untuk mencermati nama-nama yang disodorkan Jokowi.

"Dengan begitu, pengambilan keputusan yang tergesa-gesa dapat dihindari," kata Wahyudi dalam keterangan persnya, Minggu (12/11/2017).

Alasan kedua, proses pergantian sebelum masuk masa pensiun Panglima TNI Gatot Nurmantyo akan memberikan ruang bagi sipil untuk ikut berpartisipasi mencermati sosok kandidat calon Panglima TNI baru sekalipun pemilihan Panglima TNI hak prerogratif Presiden.

"Ketiga, semakin cepat proses pergantian Panglima TNI dilakukan akan sedikit banyak membantu memperlancar proses transisi manajerial organisasi di dalam tubuh Mabes TNI," jelasnya.

Tidak hanya itu, Wahyudi mengingatkan Presiden Jokowi agar cermat memilih Panglima TNI. Pengganti Gatot Nurmantyo harus dipastikan prajurit profesional yang tidak berpolitik karena ia akan menghadapi momentum rutin lima tahunan pesta demokrasi yakni Pilpres 2019.

"Seperti Pilkada serentak tahun 2018, Pileg dan Pilpres 2019, di tengah dinamika politik itu, tentu dibutuhkan Panglima TNI baru yang tegas dan mampu menjaga netralitas dan profesionalisme militer," pungkasnya. (kha)

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini